9 Pemicu Rambut Rontok Pada Wanita Dilengkapi Cara Mengatasinya

9 Pemicu Rambut Rontok Pada Wanita Dilengkapi Cara Mengatasinya Ilustrasi wanita sedang mengatasi rambut rontok/rawpixel.com

RAGAM NUSANTARA - Rambut rontok itu biasa, namun terkadang kerontokan rambut menjadi mengkhawatirkan.

Untuk mengetahui apakah kerontokan rambut perlu menjadi perhatian maka penting untuk terlebih dahulu memahami siklus pertumbuhan rambut.

Dilaporkan dari yourtango Ada tiga tahap pertumbuhan dan kerontokan rambut yaitu tahap anagen, katagen, dan telogen.

Anagen adalah fase aktif rambut. Ini adalah saat rambut baru terbentuk, mendorong rambut yang telah berhenti tumbuh ke folikel.

Catagen adalah tahap transisi di mana pertumbuhan berhenti dan selubung akar luar menyusut dan menempel pada akar rambut. Terakhir, telogen adalah fase istirahat di mana folikel rambut benar-benar istirahat dan rambut benar-benar terbentuk.

Pola kebotakan pria dapat dimulai setelah pubertas dan selama bertahun-tahun. Kerontokan rambut dimulai di atas pelipis dan berlanjut di sekeliling dan bagian atas kepala untuk membuat cincin rambut di sepanjang bagian bawah kulit kepala.

Pada wanita, pola kebotakan pada wanita menyebabkan rambut menipis secara perlahan, terutama di ubun-ubun kepala, dan juga terlihat di sekitar bagian rambut.

Berikut adalah daftar pemicu yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut.

1. Stres Pemicu stress utama seperti kematian orang yang dicintai, perceraian, atau operasi dapat menyebabkan kerontokan yang berlebihan . Lahirkan juga mengakibatkan rambut rontok selama beberapa bulan.

2. Alopecia Alopecia adalah gangguan yang disebabkan oleh gangguan produksi rambut dan memiliki beberapa jenis yang berbeda. Jenis alopecia yang paling umum adalah androgenetic alopecia. Ini saat ini mempengaruhi setidaknya 50 juta pria dan 30 juta wanita dan turun-temurun.

3. Kekurangan nutrisi rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa yang berbeda termasuk anemia dan defisiensi B12. Kekurangan vitamin B12 dapat membuat Anda merasa lelah dan kekurangan energi serta dapat menyebabkan kerontokan rambut.

4. Perubahan hormon Perubahan hormon merupakan penyumbang besar kerontokan rambut bagi wanita. Hormon berubah karena stres setelah kehamilan, selama perimenopause dan menopause.

5. Masalah tiroid Saat tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroid atau memproduksi terlalu banyak dapat menyebabkan kerontokan rambut berlebihan.

6. Obat-obatan Obat kemoterapi umumnya dikenal sebagai penyebab kerontokan rambut. Obat-obatan dapat menyebabkan kerontokan rambut dengan mengganggu siklus pertumbuhan rambut normal. Obat-obatan yang dapat menyebabkan rambut rontok telogen effluvium dan anagen effluvium.

7. Genetika Menurut Harvard Health Publishing , Hingga 40 persen pria dan wanita akan mengalami kebotakan. Rambut rontok biasanya dimulai pada usia 20-an dan 30-an, meskipun pada wanita perubahannya paling terlihat setelah menopause.

8. Gaya rambut atau perawatan Gaya rambut atau gaya rambut yang menarik-narik rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Selain itu perawatan minyak panas dan permanen juga dapat menyebabkan rambut rontok.

9. Usia bertambahnya usia, kebanyakan orang mengalami kerontokan rambut pertumbuhan rambut.

Cara menghindari atau tindakan yang bisa menghentikan dan mencegah rambut dari kerontokan.

1. Pergi ke dokter.

Dokter bisa memeriksa kondisi kesehatan yang menimbulkan kerontokan dan memberi nasihat medis dan perawatan.

2. Cobalah produk topikal.

Misalnya, Minoxidil mendorong pertumbuhan rambut dari kerontokan rambut yang diturunkan. Ini dapat diterapkan pada kulit kepala untuk membantu wanita dengan rambut tipis dan rambut rontok bagian depan.

3. Tambahkan bayam ke dalam menu makan.

Bayam memiliki beberapa nutrisi seperti Vitamin A, C, dan zat besi, yang semuanya meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. menarik rambut.

Cobalah untuk menghindari gaya rambut yang membuat rambut menjadi tertarik. mengingat bahan kimia dan serum yang keras yang juga dapat memberikan beban yang tidak perlu pada rambut Anda.

5. Lakukan pijatan pada kulit kepala.

Menurut Eplasti, pijat kulit dapat meningkatkan ketebalan rambut Anda dengan meningkatkan aliran darah.

6. Minum suplemen. Suplemen dapat membantu meningkatkan kadar vitamin dalam folikel rambut Anda. Suplemen yang tepat harus mencakup asam amino, tembaga, seng, dan biotin dalam bahan-bahannya.

Maka sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kerontokan rambut dengan cara yang positif jangan sampai mengancam kesehatan dan jiwa.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini