Jangan Panik Saat Bayi Mengalami Sariawan, Coba 4 Cara Pengobatan Rumahan Ini

Jangan Panik Saat Bayi Mengalami Sariawan, Coba 4 Cara Pengobatan Rumahan Ini Ilusytrasi Bayi. (Pixabay)

RAGAM NUSANTARA - Jangan Panik Saat Bayi Mengalami Sariawan. Bayi memang lebih rentan terserang sariawan karena sistem kekebalan tubuhnya yang lemah dan infeksi di dalam tubuhnya.

Saat anak menderita sariawan, segera konsultasikan ke dokter anak untuk penanganannya.

Namun, pada tahap awal, Anda bisa mencoba pengobatan rumahan ini untuk menjaga si kecil tetap aman.

Tetapi jika ini tidak berhasil, jangan tunda untuk menghubungi dokter.

Dikutip RAGAMNUSANTARA.COM dari Pinkvilla, betikut ini pengobatan rumahan untuk sariawan pada bayi.

1. Garam dan air

Garam bertindak seperti antiseptik. Jadi, ambil setengah sdt garam dan larutkan ke dalam satu cangkir air hangat. Kemudian, gunakan campuran ini dengan lembut pada area yang terkena dengan kapas.

2. Bubuk soda kue

Soda kue yang diencerkan baik untuk mengurangi gejala sariawan pada bayi. Larutkan setengah sdt soda kue ke dalam satu cangkir air hangat dan taruh campuran tersebut pada sariawan dengan kapas.

3. Minyak kelapa

Kelapa memiliki asam kaprilat yang bermanfaat untuk sariawan bayi. Gunakan kapas untuk mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Tapi pastikan bayi Anda tidak alergi.

4. Yogurt

Yoghurt alami sangat bermanfaat untuk sariawan karena mengandung bakteri probiotik yang sehat. Jadi, berikan bayi Anda yoghurt tanpa rasa dan tanpa pemanis. Jika bayi Anda tidak dapat mengonsumsi yoghurt, oleskan sebagian pada sariawan dengan kapas.

Tips pencegahan sariawan pada bayi

Untuk menjaga bayi Anda aman dari sariawan, selalu sterilkan semua barang yang ditempatkan di mulut bayi Anda seperti dot, sendok, dot, dll. Selalu jaga kebersihan dan bebas kuman.

Meski bgeitu, selalu konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk masalah tersebut.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini