5 Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat, Perhatikan Nomor 2 Jarang Dilakukan

5 Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat, Perhatikan Nomor 2 Jarang Dilakukan Ilustrasi - Simak beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat. (indianexpress.com)

RAGAM NUSANTARA - Hidung tersumbat kerap mengganggu aktivitas keseharian. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini 5 cara mudah atasi hidung tersumbat.

Saat hidung tersumbat kadang menghasilkan lebih banyak lendir atau ingus yang kental dan sulit dikeluarkan, kondisi seperti itu jelas akan menganggu aktivitas sehari-hari, apalagi dalam pekerjaan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat, sebgaimana dikutip dari laman PMJNEWS yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 cara mudah atasi hidung tersumbat.

1. Konsumsi Banyak Cairan

Konsumsi banyak cairan, seperti air putih, air kaldu, dan jus, diketahui bisa mengencerkan lendir yang menumpuk pada hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Anda juga bisa mengonsumsi sup dan minuman hangat untuk meredakan hidung tersumbat dan gejala lain yang menyertainya, seperti sakit tenggorokan.

2. Mengompres Wajah dan Mandi dengan Air Hangat

Mengompres wajah dan mandi dengan air hangat juga mampu mengurangi gejala hidung tersumbat sekaligus meringankan nyeri di wajah. Hal ini karena uap dari air panas bisa membuka rongga hidung dan mengencerkan lendir di dalam hidung yang sulit dikeluarkan.

3. Gunakan Alat Pelembap Udara

Udara yang kering bisa membuat iritasi di hidung semakin parah, sehingga memperburuk gejala hidung tersumbat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier untuk melembapkan udara di ruangan.

Dengan udara yang lebih lembap, iritasi dapat berkurang dan lendir yang menyumbat hidung pun bisa lebih mudah Anda keluarkan.

4. Coba Oleskan Balsam

Cara mengatasi hidung tersumbat lainya adalah dengan mengoleskan balsam dengan kandungan mentol di bagian dada dan atas bibir. Aroma mentol ini bisa melegakan hidung yang tersumbat dan membuat Anda bernapas lebih baik.

5. Menggunakan Larutan Saline

Anda pun bisa menggunakan larutan saline untuk mengatasi gejala hidung tersumbat. Larutan ini mampu membersihkan rongga hidung dari lendir dan mencegah hidung menjadi kering.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini