Demi Menunjang Kesehatan Bagi Wanita Usia 30an Wajib Mengonsumsi Multivitamin Ini

Demi Menunjang Kesehatan Bagi Wanita Usia 30an Wajib Mengonsumsi Multivitamin Ini Ilustrasi wnita seht st memsuki usia 30 tahun/pixabay.

RAGAM NUSANTARA - Wanita dan pria cukup berbeda dalam hal memenuhi kebutuhan nutrisi.

Apalagi jika wanita mulai memasuki usia 30an kebutuhan nutrisinya harus lebih diperhatikan mengingat banyak perubahan dalam tubuh.

Mengingat investasi kesehatan tak boleh terabaikan, ada banyak cara untuk menjaga tubuh tetap bugar, dari makan sehat hingga olahraga.

Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang.

Namun jika asupan makanan utuh dirasa masih kurang cukup, disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin.

Dikutip dari voi.id yang melansir Times Now News, adalah sangat penting bagi wanita berusia 30an untuk memberikan perhatian penuh saat memilih suplemen vitamin.

Hal tersebut diungkap oleh Rajeswari Shetty, Kepala Dietetika Rumah Sakit SL Raheja Mahim - A Fortis Associate dari Mumbai, India.

Vitamin dan suplemen dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan wanita usia 30an, mulai dari mencegah anemia saat haid atau melahirkan, serta keseimbangan hormon.

Tapi tetap harus berhati-hati tentang penggunaannya dan harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Berikut suplemen yang baik dikonsumsi wanita usia 30an:

1. Vitamin C dan E membantu agar awet muda

Vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat bagus dan membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C mendukung sistem kekebalan dan membuat kulit awet muda karena mendorong pembentukan kolagen.

Vitamin C juga membantu menyerap zat besi. Vitamin C & E mengandung sifat antioksidan, karena itu banyak orang juga mengoleskan minyak vitamin E pada luka kulit untuk membantu mencegah bekas luka atau mempercepat proses penyembuhan.

2. Vitamin D mendukung kesehatan tulang

Vitamin D adalah vitamin penting bagi wanita di usia 30-an yangpunya peran penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan.

Vitamin D sangat mendukung kesehatan tulang, asupan vitamin D bersama dengan kalsium akan menjaga kesehatan tulang.

Sebenarnya vitamin D tersedia di alam dan mudah kita dapatkan, apalagi kita hidup di negeri tropis, di mana matahari bersinar sepanjang hari.

Sinar matahari menghasilkan sinar UV yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat sinar matahari dan vitamin D menurut penelitian adalah berjemur selama 15 menit sebelum pukul 10.00, setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

3. Vitamin B untuk energi dan suasana hati

Berbagai kelompok vitamin B merupakan faktor pendukung yang penting untuk tubuh sebagai sumber energi dan sangat penting untuk mengangkat suasana hati dan mencegah depresi.

Vitamin B atau Asam folat ini juga penting bagi wanita yang merencanakan kehamilan dan mereka yang sedang hamil. Vitamin B bertindak sebagai bahan penting dalam vitamin prenatal.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini