Wajib Diketahui Cat Lovers, Ini 5 Tanda-tanda Kucing akan Melahirkan

Wajib Diketahui Cat Lovers, Ini 5 Tanda-tanda Kucing akan Melahirkan Ilustrasi. (Foto: sehatq.com)

RAGAM NUSANTARA - Bagi para pencinta kucing, kelahiran kucing kesayangan adalah waktu yang sangat dinanti-nanti.

Nah, untuk persiapan yang matang, setiap pemilik kucing sangat perlu mengetahui apa saja tanda-tanda saat kucing mereka akan melahirkan.

Dikutip dari akun Instagram @makinpahamkucing, berikut ini 5 tanda-tanda kucing akan melahirkan.

1. Sibuk Mencari Tempat yang Sepi dan Aman

Ciri pertama adalah induk kucing sibuk berkeliling sekitar rumah mencari tempat sepi dan aman untuk melahirkan. Hal itu dilakukan agar proses melahirkan bisa tenang tanpa gangguan predator atau kucing asing lain. Seringkali kucing betina yang sedang hamil besar memilih tempat yang aman dari berbagai gangguan seperti gudang, pojok kamar, atau juga lemari pakaian.

2. Sering Tidur

Ciri kucing mau melahirkan berikutnya bisa dilihat dari perilakunya yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Induk kucing bahkan bisa menghabiskan waktu selama 20 jam untuk tidur secara penuh. Tanda-tanda kucing yang sering tidur ini dilakukan untuk mempersiapkan diri, baik fisik maupun staminanya untuk proses melahirkan nanti.

3. Sering Menjilati Tubuh

Sering menjilati tubuh termasuk dalam salah satu tanda-tanda kucing mau melahirkan. Biasanya menjelang waktu kelahirannya, seekor kucing betina yang hamil besar seringkali menjilati tuuhnya khususnya pada area 'belakang'. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan kucing agar mendorong jeluarnya hormon yang dapat mempermudah proses melahirkan nanti.

4. Nafsu Makan Berkurang

Tanda-tanda kucing mau melahirkan selanjutnya adalah nafsu makan induk kucing yang semakin hari kian berkurang. Biasanya, hal ini terjadi karena faktor kondisi kucing yang semakin lemah dan susah bergerak. Sehingga kucing akan cenderung malas untuk mencari makan dibandingkan sebelumnya.

5. Mengeong Secara Terus Menerus

Hal lain yang muncul sebagai tanda-tanda kucing akan segera melahirkan adalah mengeong terus menerus. Ini bisa jadi tanda buat kamu untuk menjauhkan kucing betina yang akan melahirkan dari gangguan kucing jantan atau kucing asing lainnya. Faktanya, banyak kasus yang terjadi, kucing jantan membawa bayi kucing yang baru saja lahir, bahkan memakannya sendiri.***

Penulis: Gin Gin Tigin Ginulur | Editor: Ginanjar

Berita Terkini