Hati-hati, Ini 5 Bahaya Terlalu Sering Minum Air Dingin

Hati-hati, Ini 5 Bahaya Terlalu Sering Minum Air Dingin Ilustrasi. (Foto: umma.id)

RAGAM NUSANTARA - Air dingin mungkin memang terasa segar ketika kita meminumnya. Namun jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan berulang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 bahaya sering minum air dingin:

1. Membuat perut buncit

Saat masuk ke tubuh, air dingin akan dihangatkan oleh bantalan lemak-lemak yang ada di perut. Bila sering dilakukan, dibutuhkan bantalan lemak yang semakin banyak.

Bantalan lemak didapatkan dari asupan makanan yang kita makan sehari-hari. Bila tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup, perut kita akan membuncit.

2. Tubuh jadi tak nyaman

Dalam konsep kedokteran, pencernaan adalah suatu proses yang membutuhkan panas. Untuk memperkuat proses pencernaan, dibutuhkan makanan hangat, makanan yang dimasak, atau minuman hangat.

Masuknya air es yang cenderung dingin akan memadamkan proses panas yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

Dampaknya, bila kita minum air dingin/es, atau memakan bahan makanan apa pun yang lebih rendah daripada suhu tubuh dan suhu kamar, akan menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh.

3. Mempersempit usus

Kebiasaan meminum air dingin akan menyebabkan dinding usus menyempit. Sehingga, proses penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus terganggu.

Suhu dingin bisa menyebabkan pembekuan partikel-partikel makanan yang berminyak. Akibatnya mengganggu proses pencernaan.

4. Pembekuan otak

Pendinginan secara mendadak pada tubuh bisa menyebabkan fungsi fisiologis terganggu. Biasanya kita akan pusing atau migrain.

Berdasarkan studi dari Harvard Medical School, otak sangat sensitif terhadap suhu, sehingga diperlukan obat-obat vasodilatasi agar darah hangat mengalir dalam jaringan untuk memastikan otak tetap dalam kondisi hangat.

Namun demikian, para dokter lebih menyarankan minum air pada suhu kamar akan jauh lebih baik daripada minum air dingin, terutama sehabis makan. Pasalnya, tubuh akan mengeluarkan energi ekstra untuk memanaskan air es dengan menggunakan suhu tubuh.

5. Kehilangan nutrisi tubuh

Normalnya, temperatur tubuh manusia berada di kisaran 36 - 37 derajat selsius. Namun saat kita mengkonsumsi air yang terlalu dingin, tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur dan membuat suhu tubuh normal kembali.

Padahal energi tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerap nutrisi dan mencerna makanan. Saat minum air dingin, energi terkuras dan tubuh tidak akan bisa menyerap nutrisi secara maksimal. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini