Angin Puting Beliung Terjang Lembang, Tenda Pedagang dan Atap Rumah Beterbangan

Angin Puting Beliung Terjang Lembang, Tenda Pedagang dan Atap Rumah Beterbangan Angin puting beliung terjang Lembang. (Foto: tangkapan layar YouTube)

RAGAM NUSANTARA - Bencana angin puting beliung menerjang beberapa titik daerah Lembang Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 19 Februari 2022 sore.

Berdasarkan informasi, beberapa rumah warga rusak berat dan sedang akibat bencana tersebut. Angin puting beliung juga terlihat menerjang Alun-alun Lembang Jalan Raya Lembang.

Berdasarkan pantauan video amatir yang diunggah Instagram @infojawabarat, terlihat angin berembus kencang hingga menyeret tenda dan rangkanya ke tengah jalan.

Sejumlah kendaraan baik mobil maupun motor yang melintas di jalan tampak berhenti menunggu angin puting beliung reda. Beberapa orang di tepi jalan menyingkirkan tenda berukuran besar itu dari tengah jalan.

Dalam video juga terdengar suara perekam video sangat panik. Dia beberapa kali mengucap istighfar dan takbir saat angin kencang tersebut memorakporandakan atap warung dan kios, serta mematahkan dahan-dahan pohon di tepi jalan.

"Astagfirullah, astagfirullah, Allahuakbar! Allahuakbar! Allahuakbar!" kata perekam video sambil berlari ketakutan.

Dikutip dari suara.com, berdasarkan hasil assesment, akibat bencana tersebut, total 10 rumah terdampak. Namun, hanya satu rumah yang mengalami kerusakan dengan kategori berat.

"Saat kejadian itu ada baja ringan berukuran 4x6 meter milik warga tersapu angin, kemudian menimpa dua rumah di depannya. Tapi yang rusak berat hanya 1 rumah, sisanya ringan. Kerugian jiwa nihil untuk materi diperkirakan Rp7 juta," kata Babinsa Desa Lembang Peltu Budhiyono. ***

Penulis: Gin Gin Tigin Ginulur | Editor: Ginanjar

Berita Terkini