Ini Dia 10 Peninggalan Para Nabi dan Rasul yang Menggegerkan Dunia

Ini Dia 10 Peninggalan Para Nabi dan Rasul yang Menggegerkan Dunia Baju Gamis Rasulullah SAW. (Foto: madaninews.id)

RAGAM NUSANTARA - Nabi dan Rasul adalah makhluk sangat mulia yang mengemban misi khusus dari Allah SWT. Mereka bertugas menyampaikan dan melanjutkan wahyu kepada umat masing-masing.

Jejak peninggalan para Nabi dan Rasul tersebar di banyak negara muslim. Dikutip dari semuabisa.net, berikut ini 10 temuan yang dipercaya merupakan peninggalan para Nabi dan Rasul:

1. Baju Gamis Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul terakhir yang diutus Allah tentu merupakan manusia paling mulia di muka bumi ini. Setiap umat muslim yang pergi menunaikan ibadah haji bahkan menyempatkan diri untuk ziarah ke makam Rasululah.

Rasulullah dalam Alquran selalu dikisahkan hidup dengan kesederhanaan dan berbagai sifat mulai lainnya.

Sifat Rasul tersebut sesuai dengan temuan baju gamis yang diyakini milik Baginda Rasulullah. Baju gamis itu tidaklah mewah dan modis, namun sederhana.

2. Telapak Kaki Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir di Mekkah 12 Rabiul Awal Tahun Gajah. Salah satu peninggalannya adalah telapak kanan kaki Nabi Muhammad SAW yang disimpan di Istana Topkapi, Istanbul, Turki. Telapak kaki kanan tersebut tercetak saat peristiwa yang bersejarah yakni Isra dan Miraj. Selain itu, ada juga cetakan telapak kaki kiri Rasulullah yang tersimpan di Masjidil Aqsa.

3. Kunci-kunci Kakbah

Sejak zaman Nabi Muhammad, kunci-kunci Kakbah diamankan kaum Bani Saiba hingga saat ini. Namun, bentuk kunci Kakbah saat ini sudah berubah dari yang terdahulu, disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Replika kunci Kakbah yang berbahan baku emas murni disimpan oleh Kerajaan Arab Saudi.

4. Istana Nabi Daud AS

Kisah Nabi Daud As tentu sudah sering terdengar di bangku sekolah dulu. Kisah tersebut juga tertuang dalam kitab umat Islam, Kristen dan Yahudi. Dikisahkan, Nabi Daud AS berhasil mengalahkan Goliath atau Raja Jalut.

Temuan istana juga diyakini dulunya merupakan benteng Kota Yudea di Shaarayim. Lokasi tersebut merupakan tempat Nabi Daud kala mengalahkan Raja Goliath

Setelah mengalahkan Raja Goliath, Nabi Daud kemudian didaulat menjadi Raja Negeri Israel.

5. Tongkat Nabi Musa AS

Dalam kisah di Alquran, Nabi Musa diberi mukjizat oleh Allah SWT yakni mampu membelah Laut Merah hanya dengan sebuah tongkat kayu.

Tongkat kayu bersejarah milik Nabi Musa tersebut berhasil ditemukan. Temuan tongkat ini tentu tidak hanya mengejutkan umat Islam, tapi umat Nasrani dan Yahudi.

6. Kapal Nabi Nuh AS

Berdasarkan sejarah Islam, Nabi Nuh merupakan Rasul ketiga yang diutus Allah SWT. Dalam silsilahnya, Nabi Nuh As adalah keturunan kesembilan dari Nabi Adam AS (Nabi dan Rasul selaku orang pertama dunia).

Ada temuan yang diyakini merupakan kapal peninggalan Nabi Nuh AS. Sisa-sisa kapal Nabi Nuh ditemukan di ketinggian 13.000 kaki di sebuah gunung di Turki.

7. Tabut Perjanjian Nabi Musa AS

Kisah Nabi Musa AS tentu banyak memberi hikmah dan pelajaran berharga dalam kehidupan.

Nah, selain temuan tongkat kayu bersejarahnya, ada temuan lain yang diyakini merupakan peninggalan Nabi Musa AS yaitu Tabut.

Tabut perjanjian ini ditemukan oleh seorang arkeolog bernama Ron Wyatt.

8. Bangkai Roda Kereta Tempur Raja Firaun

Nabi Musa dalam kisahnya membawa sekitar 600.000 pengikut kala menghindari kejaran Firaun. Berkat mukjizat yang diberikan Allah SWT, semuanya berhasil selamat

Di lokasi penemuan bangkai roda kereta tempur, Ron Wyatt dan timnya juga menemukan beberapa tulang belulang dan tengkorak manusia.

Selain itu, mereka juga menemukan tulang belulang kuda di sekitar lokasi yang sama.

9. Pedang Nabi Muhammad SAW

Banyak sekali temuan yang diyakini merupakan peninggalan Nabi Muhammad SAW. Temuan temuan tersebut tersimpan rapi di Istana Topkapi, Kota Istanbul, Turki

Pedang tersebut merupakan senjata yang sering digunakan oleh Rasulullah saat menghadapi berbagai perang.

Pedang yang memiliki panjang sekitar 100 cm telah dimiliki oleh Rasulullah sejak sebelum menerima wahyu pertama dari Allah. Bentuk pedang ini menyerupai dua kepala ular yang terbuat dari emas lho kak

10. Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman As

Ketika mendengar nama Candi Borobudur, tentu yang ada di pikiran kita adalah sebuah tempat wisata bersejarah umat Budha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Siapa sangka, ternyata ada kemungkinan besar Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman AS.

Adalah Kyai Fahmi Bahsya, seorang matematikawan Islam yang telah menemukan fakta fakta sejarah tersebut.

Menurut beliau, dari nama Nabi Sulaiman saja sudah menunjukkan bahwa beliau adalah keturunan Jawa, yakni berawalan “Su”

Dari 25 Rasul yang kita kenal, hanya Nabi Sulaimanlah yang namanya berawalan Su.

Selain itu, negeri Sabah seperti dalam Al Quran ternyata ada di Indonesia, yakni Kota Wonosobo

Namun, informasi ini masih belum sepenuhnya diyakini. Bukti-bukti atau fakta pendukung masih terus digali ilmuwan. ***

Penulis: Gin Gin Tigin Ginulur | Editor: Ginanjar

Berita Terkini