Waspada, Ini 6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Waspada, Ini 6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda Ilustrasi serangan jantung. (Foto:net)

RAGAM NUSANTARA - Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia terlebih lagi bagi Anda yang usia muda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali apa saja tanda-tanda penyakit jantung serta penyebabnya, agar dapat terdeteksi sejak dini dan penanganan dapat dilakukan secepatnya.

Penyebab penyakit ini bisa dari pola hidup yang tidak sehat maupun dari konsumsi makanan yang sembarangan.

Dikutip dari sahijab, berikut ini penyebab penyakit jantung yang menyerang usia muda.

1. Kebiasaan Merokok

Salah satu penyebab penyakit jantung yang menyerang usia muda yaitu kebiasaan merokok. Hal ini dikarenakana mereka yang melakukan kebiasaan tersebut memiliki peluang mengalami serangan jantung yang berlipat ganda, dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Bahkan, sebuah penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko hingga delapan kali lipat.

2. Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Selain itu, penyebab penyakit jantung yang menyerang usia muda lainnya juga berasal dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Di seluruh dunia terdapat dua kasus kematian akibat serangan jantung karena tekanan darah tinggi. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengontrol tekanan darah Anda.

3. Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung yang menyerang usia muda. Hal ini dikarenakan terdapat kortisol dan adrenalin yang meningkat. Dampaknya dapat membuat gula darah naik dan pembuluh darah mengeras hingga menjadi penyebab penyakit jantung di usia muda.

4. Kurang Olahraga

Penyebab penyakit jantung yang menyerang usia muda selanjutnya yaitu kurang olahraga. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa olahraga memiliki peran penting bagi kesehatan. Namun apabila jarang olahraga makan lebih berisiko terkena penyakit jantung di usia muda. Termasuk bagi orang yang bekerja 55 jam per minggu.

5. Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur menjadi sebuah tanda Obstructive Sleep Apnea Syndrome yang menjadi penyebab penyakit jantung yang menyerang usia muda. Kondisi tersebut apabila seseorang tengah mengalami napas yang terganggu selama tidur. Pernapasan yang terganggu ini pada akhirnya dapat memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi dan menjadi penyebab penyakit jantung di usia muda.

6. Faktor Keturunan

Faktor keturunan juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung yang menyerang usia muda. Menurut penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa faktor genetik dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kematian pada usia muda akibat serangan jantung dihubungkan dengan gangguan irama jantung. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini