Dampak Perang Rusia-Ukraina: Liga Ukraina Disetop, Venue Final Liga Champions Berpotensi Dipindahkan

Dampak Perang Rusia-Ukraina: Liga Ukraina Disetop, Venue Final Liga Champions Berpotensi Dipindahkan Tank Rusia. (Pixabay)

RAGAM NUSANTARA - Sejumlah agenda olahraga internasional terancam terganggu akibat konflik Rusia dengan Ukraina. Perang dua negara bertetangga itu, pecah pada Kamis 24 Februari 2022.

Rusia memulai peperangan ini, dengan melakukan operasi militer ke Ukraina pada Kamis pagi. Perang Rusia dengan Ukraina menjadi topik terhangat di dunia, dan menjadi trending di media sosial.

Banyak pihak kini khawatir peperangan antara dua negara yang dahulu pernah satu bendera di bawah Uni Soviet itu, akan memicu konflik yang lebih luas dengan melibatkan negara-negara yang pro Rusia maupun Ukraina.

Konflik Rusia-Ukraina juga diperkirakan akan akan berdampak pada dunia olahraga setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer terhadap Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menandatangani dekrit untuk memberlakukan darurat militer di negara itu, dengan liga sepak bola domestik secara resmi ditangguhkan.

Ini berarti tim seperti Dynamo Kyiv dan Shakhtar Donetsk tidak akan bisa bermain selama minimal 30 hari.

Sementara itu, Rusia akan menjadi tuan rumah final Liga Champions di Saint Petersburg, tetapi UEFA telah menjelaskan bahwa situasi sekarang memungkinkan terjadinya perubahan tempat laga puncak.

Sedangkan Tim nasional Rusia akan menghadapi Polandia di babak play-off Piala Dunia 2022 pada bulan Maret, tetapi tim tamu sudah meminta untuk tidak bermain di tanah Rusia.

Ukraina juga lolos ke babak play-off dan pertandingan mereka melawan Skotlandia juga dijadwalkan berlangsung pada bulan Maret, jika FIFA tidak melakukan intervensi.***

Penulis: Muhammad Taufik | Editor: Muhammad Taufik

Berita Terkini