Sering Sakit Kepala Bagian Belakang? Yuk, Kenali 4 Penyebabnya

Sering Sakit Kepala Bagian Belakang? Yuk, Kenali 4 Penyebabnya Ilustrasi. (Foto: hellosehat.com)

RAGAM NUSANTARA - Sakit kepala bisa menyerang siapa saja. Bila sedang kambuh membuat rasa yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Setiap orang mengalami sakit kepala pada bagian yang berbeda-beda. Ada yang mengalami hanya bagian tertentu, ada juga yang di seluruh bagian kepala.

Salah satu yang banyak dialami adalah sakit kepala bagian belakang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penanganan kondisi ini tentunya disesuaikan dengan penyebabnya.

Jadi, sebaiknya ketahui beberapa penyebab seseorang alami sakit kepala bagian belakang. Berikut beberapa penyebabnya seperti dikutip dari Halodoc:

1. Ketegangan dan kelelahan otot

Bila kamu duduk pada satu posisi dalam waktu yang lama, kamu bisa merasakan sakit di bagian belakang kepala. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan peregangan otot dan mengubah posisi duduk

2. Olahraga yang berlebihan

Olahraga secara rutin baik untuk dilakukan. Namun, bila dipraktikkan dengan cara yang berlebihan, justru membuat pembuluh darah menyempit yang memicu munculnya nyeri kepala di bagian belakang.

3. Migrain

Bila kamu mengalami migrain, biasanya ditandai dengan denyutan di kepala bagian belakang, mual, dan muntah. Ada beberapa kondisi yang memicu seseorang alami migrain.

Menurut Harvard Health Publishing mengungkapkan, perubahan cuaca, mengalami gangguan tidur, adanya tekanan atau tingkat stres yang cukup tinggi, mengonsumsi alkohol terlalu berlebihan dan merokok menjadi pemicu seseorang alami migrain yang sebabkan sakit kepala bagian belakang.

4. Kebiasaan merokok

Gaya hidup yang kurang baik, seperti merokok, dapat mengakibatkan sakit kepala bagian belakang. Menurut Harvard Health Publishing, seorang paruh baya yang memiliki kebiasaan mengonsumsi rokok rentan alami sakit kepala cluster yang sebabkan rasa sakit atau nyeri pada bagian belakang kepala.

Ada banyak cara sederhana untuk meminimalisir sakit kepala, di antaranya adalah menerapkan pola makan seimbang, konsumsi banyak cairan, olahraga teratur, meminimalisasi stres, dan memiliki kualitas tidur yang cukup.

Ketika sakit kepala, obat yang mengandung Paracetamol dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, dan sakit pada otot serta menurunkan demam.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini