5 Tips Belajar Mengemudi Mobil Bagi Pemula, Cari Tempat Latihan yang Aman

5 Tips Belajar Mengemudi Mobil Bagi Pemula, Cari Tempat Latihan yang Aman Ilustrasi belajar mengemudi/pixabay.

RAGAM NUSANTARA - Banyak orang beranggapan bahwa mengendarai mobil adalah kegiatan yang cukup sulit.

Faktanya, mengendarai mobil cukup mudah selama mengikuti instruksi dan memahami komponen dalam kendaraannya.

Sering belajar mengemudikan mobil agar terbiasa dan lancar saat berkendara untuk kegiatan sehari-hari.

Dilansir dari Auto2000 berikut tips belajar mengemudi mobil sebelum memulai latihan.

Baca Juga: Cara Ngecas Handphone di Motor Biar Tidak Boros Aki

1. Kenali Seluruh Fitur Mobil

Perlu mengenal seluruh fitur penting dalam mengemudi mobil serta fungsinya. Pelajari fitur pada dashboard seperti roda kemudi, tombol lampu sein (lampu belok), klakson, dan tuas persneling serta waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Selain itu, pahami juga fungsi pedal utama pada mobil, yaitu kopling, rem, dan gas. Ada baiknya melakukan simulasi menghidupkan fitur tersebut dahulu sebelum menyalakan mobil agar tidak kagok saat berkendara.

2. Cari Tempat Latihan yang Aman

Pilihlah daerah latihan yang aman, yakni tempat luas dan sepi dari kendaraan atau pemukiman. Hal ini dilakukan agar tidak akan membahayakan orang lain dan lebih berkonsentrasi selama belajar.

Baca Juga: 4 Kesalahan Kecil yang Sering Diabaikan Saat Naik Motor, Awas Bisa Berakibat Fatal

Lakukan latihan di tempat tersebut secara rutin sampai terbiasa, barulah mulai belajar mengendarai mobil di jalan yang sedikit ramai. Jangan lupa untuk berlatih di kondisi jalan tertentu, seperti tanjakan, turunan, jalanan berlubang, dan lain-lain.

3. Atur Jok Senyaman Mungkin

Posisi duduk juga menentukan kenyamanan dan konsentrasi selama berkendara. Tegakkan sandaran jok supaya mata tetap tertuju ke arah jalanan.

Hindari posisi duduk tegang karena bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudikan mobil. Pastikan juga jarak antara jok dan dashboard cukup lebar agar kaki leluasa menginjak seluruh pedal di bawahnya.

4. Berlatihlah Mengendalikan Rem, Gas, dan Kopling

Tiga komponen di atas paling penting dalam mengemudikan mobil dibandingkan fitur lainnya. Pahami tiga pedal tersebut dan bertanyalah kepada instruktur mengenai timing yang tepat untuk menggunakannya.

Sebelum menjalankan mobil, kuasai cara menekan pedalnya, yaitu menginjak penuh dan melepaskannya secara perlahan. Jangan buru-buru melepaskan pedal karena bisa membuat mobil shock atau mati mendadak.

5. Jaga Konsentrasi selama Belajar Mengemudi

Kunci penting dalam belajar mengemudi mobil adalah konsentrasi. Hilangkan mindset buruk tentang latihan mengemudi mobil karena bisa menghambat perkembangan.

Tenangkan pikiran dan tetap rileks sebelum mengendarai mobil agar konsentrasi tetap terjaga. Jangan biarkan perhatian teralihkan oleh kondisi jalanan atau dalam mobil yang cukup mengganggu.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini