Doa Saat Galau Supaya Hati Tenang dan Lapang Dilengkapi dengan Tips Mengatasi Galau

Doa Saat Galau Supaya Hati Tenang dan Lapang Dilengkapi dengan Tips Mengatasi Galau Doa disaat galau./pixabay.

RAGAM NUSANTARA - Membaca doa saat galau adalah hal yang tepat jika merasa galau berat. Dalam kehidupan, setiap manusia pasti mendapat cobaan.

Saat cobaan berat datang, tidak jarang hati dilanda perasaan gundah atau galau. Perasaan yang menyakitkan jiwa ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bekerja jadi tidak semangat karena selalu kebawa pikiran.

Dalam kehidupan ini ada 3 jenis perasaan yang dapat menggangu ketenangan jiwa, yaitu: Huzn atau kesedihan yang terjadi di masa lalu, Hamm atau kekhawatiran terhadap masa depan.

Kemudian ada Ghamm yaitu rasa gundah atau galau saat menghadapi cobaan yang sulit dihadapi saat ini.

Baca Juga: 9 Tanda Taubat Diterima Allah SWT, Perhatikan Nomor 3

Nah, untuk mengatasi galau, salah satu cara yang ampuh atau membaca doa berikut.

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika mengalami kesulitan, beliau mengucapkan yang artinya:

Tiada ilah (tuhan) yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada ilah (tuhan) yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai ‘arsy, yang Maha Agung. Tiada ilah (tuhan) yang berhak disembah selain Allah – (Dia) Rabb yang menguasai langit, (Dia) Rabb yang menguasai bumi, dan (Dia) Rabb yang menguasai ‘arsy, lagi Mahamulia. (HR. Bukhari, No. 6346)

Ketika manusia mendapatkan Al-Karb atau perkara yang memberatkan hati, kita disunnahkan untuk membaca doa ini.

Baca Juga: Lima Perang yang Terjadi Pada Bulan Syawal dalam Sejarah Islam

Doa ini adalah obat untuk menghadapi ujian berat. Dengan mentauhidkan Allah dan menyebutkan sifat-sifat-Nya, niscaya Allah akan meringkan ujian kita.

Doa ini mengandung pujian bahwa Allah ada tuhan yang memiliki ilmu dan memiliki kuasa tidak terbatas, sehingga tidak mungkin Allah tidak bisa meringkan cobaan kita.

Saat merasa galau, gundah, atau merasakan kesedihan yang dalam, doa saat galau yang kedua ini bisa jadi obatnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, bahwa barangsiapa yang dilanda kesedihan, Allah pasti akan menghilangkannya dan akan menggantinya dengan kegembiraan. Doa yang dimaksud oleh Rasulullah yang artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba laki-laki-Mu, dan anak hamba perempuan-Mu. Ubun-ubunku berada di tangan-Mu. Hukum-Mu berlaku pada diriku. Ketetapan-Mu adil atas diriku. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau namakan diri-Mu dengannya, atau Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seorang dari makhluk-Mu, atau yang Engkau rahasiakan dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu, agar Engkau jadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya bagi dadaku dan pelipur kesedihanku serta pelenyap bagi kegelisahanku. (HR. Ibnu Hibban No. 2372)

Saat dilanda rasa gundah, galau, dan kesedihan mendalam, hal yang pertama dilakukan adalah bersabar. Insha Allah dengan bersabar, Allah akan meringankan ujian kita dan diberi jalan keluar terbaik.

Dalam surat Az-Zumar ayat 10, Allah berjanji bagi siapapun yang bersabar maka akan diberi pahala yang tidak terbatas. Imbalan terbesar bagi yang bersabar adalah surga.

Setelah bersabar, yang harus kamu lakukan adalah membaca doa. 2 doa saat galau di atas bisa juga meminta agar Allah meringankan ujian yang sedang kita alami.

Saat seorang muslim membaca doa saat galau, hendaknya ia juga mengetahui apa arti dan makna bacaan doa tersebut.

Karena jika hanya dibaca saja, semua orang bisa. Namun jika ingin doamu cepat terkabul, bacalah doa, pahami maknanya, dan amalkan kandungan isinya.

Doa saat galau yang berasal dari Rasulullah akan mendatangkan solusi. Asalkan dibaca dengan sungguh-sungguh dan mengerti doa apa yang sedang kita baca. Semoga doa saat galau dan sedih ini bisa mengatasi kesedihan di hatimu.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini