Banyak Semut di Rumah? Yuk, Simak Cara Mengusirnya

Banyak Semut di Rumah? Yuk, Simak Cara Mengusirnya Ilustrasi. (Foto: pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Ketika berada di rumah, seringkali kita menjumpai barisan semut yang keberadaannya kerap mengganggu. Jumlahnya tidak sedikit, tetapi ribuan atau ratusan ekor semut.

Mengusir semut bisa dengan menggunakan bahan kimia. Namun, ada beberapa solusi lain yang bisa digunakan untuk mengusir semut dari rumah. Berikut di antaranya seperti dilansir dari umma.id:

1. Membuat penghalang

Untuk mencegah semut berlarian di dalam rumah, kamu bisa membuat penghalang. Pakailah bahan yang tidak disukai oleh semut seperti area tepian jendela, papan pinggir, ambang pintu atau juga bisa di area yang dilalui semut.

Tidak hanya itu semut ternyata tidak menyukai kayu manis, kapur bubuk, cabai rawit dan tepung jagung. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengusir semut.

2. Cuka

Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa mengisi botol terlebih dahulu lalu campurkan cuka yang sebanding dengan air tersebut. Semprotkan ke tempat-tempat rawan yang memudahkan semut berkeliaran.

3. Kulit buah-buahan sitrus

Buah lemon, jeruk, dan jeruk nipis dapat kamu gunakan kulitnya untuk mengusir semut. Sebelum digunakan, kulit buah harus digiling dan ditumbuk sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk kulit buah tadi ke tempat yang biasanya disinggahi semut.

4. Minyak atsri

Tea tree, peppermint, dan sitrus termasuk minyak atsri dapat mengusir semut. Campurkan seperempat cangkir air dengan tujuh tetes minyak atsiri jeruk, 15 tetes minyak atsiri tea.

Sebelum disemprotkan, kocok terlebih dahulu dan semprotkan ke area pinggir, ambang jendela, dan juga ke tempat lain yang menjadi favorit semut.

5. Menyemprotkan sabun kastil

Kamu bisa terlebih dahulu membuat semprotan dari semperempat cangkir sabun kastil serta 1 liter air. Cara ini cukup efektif untuk mengusir semut.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini