Lagi Mual? Ini Dia Obat Alami untuk Mengatasinya

Lagi Mual? Ini Dia Obat Alami untuk Mengatasinya Ilustrasi - orang sedang mual. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Ada banyak cara menghilangkan mual yang bisa dilakukan, baik dengan bantuan obat maupun penanganan mandiri di rumah.

Seperti diketahui, mual-mual dapat disebabkan banyak hal, seperti virus, pusing, masalah pada pencernaan hingga kehamilan.

Rasa mual sering kali diikuti oleh muntah, namun ada juga mual yang tidak diakhiri dengan muntah. Kondisi ini dapat dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa, terutama mereka yang menjalani perawatan kanker atau wanita hamil.

Bagaimana cara pengobatannya, selain istirahat, makan yang cukup juga sangat penting. Berikut merupakan makanan yang mudah dimakan atau mengobati rasa mual-mual.

Menurut para peneliti, jahe dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa mual. Cara mengkonsumsi jahe tersebut pun banyak, dapat diseduh air panas atau teh, hingga dimasukkan kedalam sup sayuran.

Kuah dari sup tersebut pun juga dapat mengurangi rasa mual, karena nutrisi didalamnya mudah untuk dikonsumsi seseorang yang sedang merasakan mual.

Buah-buahan seperti pisang, apel, dan sebagainya juga dapat menjadi substitusi makanan sementara ketika mual. Selain buah, roti tawar juga dapat menjadi sumber nutrisi yang baik ketika merasa sakit.

Selain hal-hal tersebut, makanan yang kaya protein seperti telur rebus hingga tofu juga dapat mengisi perut sementara.

Para dokter menjelaskan, penting untuk seorang pasien yang merasa sakit mual untuk tetap mengkonsumsi agar tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Meskipun sulit, cukup konsumsi air dan makanan dan istirahat sangat penting ketika merasa mual-mual untuk tetap terjaga dari dehidrasi dan malnutrisi.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini