Gelar Pajak Bertutur, Kanwil DJP Jabar I Ajak Siswa SMAN 3 Bandung Kenal Pajak

 Gelar Pajak Bertutur, Kanwil DJP Jabar I Ajak Siswa SMAN 3 Bandung Kenal Pajak

TERASBANDUNG.COM - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat I menggelar acara Pajak Bertutur 2022 secara luring di aula Sekolah menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Bandung, Jl. Belitung No.8, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Kamsi 18 Agustus 2022.

Kegiatan Pajak Bertutur diadakan serentak oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di seluruh Indonesia pada hari Rabu tanggal 18 Agustus 2022, dan bertujuan untuk menumbuhkan awareness atau kepedulian para siswa tentang pentingnya pajak dalam pembangunan serta kehidupan sehari-hari mereka.

Tahun ini Pajak Bertutur mengangkat tema “Generasi Muda Sadar Pajak, Berkreasi Membangun Negeri”.

Acara yang dimulai pukul 08.30 WIB itu dihadiri oleh Kepala SMAN 3 Bandung Iwan Setiawan, Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Erna Sulistyowati, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 3 Bandung Ida Rohayani, dan Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Jawa Barat I Abdul Ghofir serta diikuti oleh 109 siswa kelas XI MIPA dan perwakilan guru SMAN 3 Bandung.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 3 Bandung Iwan Setiawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kanwil DJP Jawa Barat I yang telah memilih SMAN 3 Bandung untuk pelaksanaan Pajak Bertutur.

“Terima kasih atas dipilihnya SMAN 3 Bandung untuk kegiatan Pajak Bertutur tahun ini. Semoga dapat menambah wawasan anak-anak untuk memahami pentingnya pajak bagi pembangunan negara dan bangsa Indonesia yang kita cintai,“ tutur Iwan.

Dia berharap para siswa yang menjadi peserta Pajak Bertutur kali ini dapat menjadi generasi emas yang diharapkan untuk dapat mewujudkan Indonesia Emas.

“Para siswa ini Insya Allah menjadi generasi penerus yang mempunyai potensi membangkitkan Jawa Barat – Indonesia, sekaligus dapat membanggakan orang tua, sekolah, negara, dan bangsa Indonesia,” harapnya.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Erna Sulistyowati mengatakan pajak ini begitu luar biasa perannya dalam penerimaan negara yang digunakan untuk pembangunan, juga penanganan pandemi Covid19.

"Vaksin gratis merupakan salah satu peran pajak dalam penanganan pandemi Covid-19,” tutur Erna.

Dalam acara yang berlangsung selama dua jam tersebut, materi pengenalan pajak disampaikan secara interaktif oleh Penyuluh Pajak Dwi Mulyaningsih dan Pelaksana Bidang P2Humas Kanwil DJP Jawa Barat I Fanzi Siddiq, dengan dipandu oleh MC Aulia Dewi Anggaraeni dan Shaffiyah Zhahra Zhafira.

Salah seorang peserta bertanya bagaimana siswa SMA dapat berguna bagi negara? Dwi menjawab, “Adik-adik dapat berperan dalam pembangunan Indonesia antara lain dengan giat belajar; disiplin mengikuti upacara; mematuhi tata tertib sekolah, menjaga nama baik diri sendiri dan sekolah; serta berlomba-lomba meraih prestasi,” jawab Dwi.

Selain itu Fanzi pun menambahkan, “Dan jangan lupa, katakan tidak pada vandalisme, narkoba, sebar hoax, dan kriminal,” imbuh Dwi.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini