Mengenal Batas Wilayah, Topografi, Hingga Jumlah RT di Kota Bandung

Mengenal Batas Wilayah, Topografi, Hingga Jumlah RT di Kota Bandung Peta Bandung. (Net)

TERASBANDUNG.COM - Sebagai salah satu kota tujuan wisata, Bandung sudah sangat dikenal oleh wisatawan. Namun belum semua mengetahui Bandung terdiri dari sejumlah wilayah adminstratif.

Salah satunya yaitu Kota Bandung. Karena di kawasan Bandung masih ada Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Wilayah-wilayah itulah yang mengelilingi Kota Bandung.

Perlu diketahui, Kota Bandung terletak pada posisi 107º36’ bujur timur dan 6º55’ lintang selatan. Luas wilayah Kota Bandung adalah 16.729,65 Ha.

Secara administratif, Kota Bandung berbatasan dengan beberapa daerah kabupaten/kota lainnya.

Di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kota Cimahi.

Di sebelah timur dan selatan juga berbatasan dengan Kabupaten Bandung.

Secara morfologi regional, Kota Bandung terletak di bagian tengah “Cekungan Bandung”, yang mempunyai dimensi luas 233.000 Ha.

Secara topografi, Kota Bandung terletak pada ketinggian 700 m di atas permukaan laut (dpl). Titik tertinggi di kelurahan Ledeng kecamatan Cicadap dengan ketinggian 892 m dpl.

Titik terendah berada di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage dengan ketinggian 666 m dpl.

Sementara itu, kondisi geologi Kota Bandung dan sekitarnya terdiri atas lapisan aluvial hasil letusan Gunung Tangkuban Perahu.

Jenis material di wilayah bagian Utara umumnya jenis tanah andosol, sedangkan di bagian Selatan serta Timur terdiri atas jenis aluvial kelabu dengan bahan endapan liat.

Di bagian tengah dan Barat tersebar jenis tanah andosol. Secara geologis Kota Bandung berada di Cekungan Bandung yang dikelilingi oleh Gunung Berapi yang masih aktif.

Di Kota Bandung terdapat 30 kecamatan, 151 kelurahan, 1591 RW, dan 9904 RT.**

Sumber: Bandung.go.id

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini