Masuki Masa Pancaroba, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Bencana

Masuki Masa Pancaroba, BMKG Imbau Masyarakat  Waspada Bencana Ilustrasi. Musim hujan. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan pada September ini merupakan masa peralihan musim atau pancaroba yang akan berlangsung hingga Oktober mendatang.

Bahkan, beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan di awal September, sedangkan untuk wilayah Jawa Barat belum memasuki musim penghujan, akan tetapi kemarau.

"Awal September ini masih ada akhir musim kemarau, mulai akhir September masa Pancaroba sampai pertengahan Oktober," kata Yan Firdaus, Prakirawan BMKG Kota Bandung kepada wartawan, Senin 5 September 2022.

BACA JUGA: SPBU Vivo Diserbu! Harga Lebih Murah Ketimbang Pertalite, Berikut Daftar Harganya

Dipaparkannya, selama musim kemarau basah, peristiwa bencana alam masih dapat terjadi seperti puting beliung, banjir, longsor dan hujan es.

Pada musim hujan berpotensi bencana akan semakin lebih besar.

"Masa peralihan potensi akan semakin meningkat (bencana) terjadi banjir, angin puting beliung, hujan es," tuturnya.

Lebih jauh Yan menambahkan, masyarakat dihimbau tetap waspada dan menjaga kesehatan dan menjaga lingkungan agar mengurangi dampak banjir.

"Waspada dan menjaga kesehatan serta menyiapkan kondisi lingkungan masing-masing kalau nanti curah hujan meningkat dan berpeluang banjir,” tandasnya.***

Penulis: Tri Widiyantie | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini