5 Nutrisi Dipercaya Paling Ampuh Memperlambat Penuaan Kulit

5 Nutrisi Dipercaya Paling Ampuh Memperlambat Penuaan Kulit Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels

TERASBANDUNG.COM - Ada beberapa nutrisi dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan.

Dikutip dari laman Pinkvilla, berikut ini wawasan tentang nutrisi yang dapat memperlambat penuaan kulit:

1. Vitamin C

Nutrisi penting bagi kulit manusia adalah vitamin C yang merangsang biosintesis kolagen. Kolagen adalah salah satu zat pengisi alami. Seiring dengan bertambahnya usia, kolagen menurun. Penurunan ini menyebabkan pembentukan garis-garis halus dan kerutan serta hilangnya volume dan kontur pada kulit yang menua.

Baca Juga : Waspadai Bencana Alam di Kota Bandung Saat Masuki Masa Transisi Musim Hujan, Begini Imbauan Kasi Damkar PB

2. Likopen

Likopen, keluarga karotenoid, sangat penting untuk pematangan kulit karena berada di lapisan luar kulit. Tingkat karotenoid yang lebih tinggi di dalam lapisan ini meningkatkan kekencangan kulit dan hidrasi mengurangi kerutan dan bahkan meningkatkan produksi kolagen. Makanan tinggi likopen termasuk tomat, semangka, jeruk bali, jambu merah, dan pepaya.

3. Vitamin E

Vitamin E merupakan bagian dari kelompok 8 senyawa yang disebut tokoferol, yakni antioksidan terikat membran yang larut dalam lemak. Asupan produk vitamin E alami membantu melawan ikatan silang kolagen dan peroksidasi lipid duo yang terkait dengan penuaan kulit. Kandungan tokoferol yang tinggi terdapat dalam almond, biji bunga matahari, dan alpukat.

4. Vitamin B3

Menurut sebuah penelitian, vitamin B3, yang tersedia secara komersial yang disebut nicotinamide riboside (NR) chloride atau NIAGEN, meningkatkan enzim kunci dalam sel yang berpotensi memperlambat proses penuaan. Enzim yang disebut nicotinamide adenine dinucleotide NAD yang ditemukan di semua sel ini berfungsi untuk perbaikan DNA.

Baca Juga : Batagor Haji Isan dari Dagang Keliling Hingga Jadi Legenda Kuliner di Kota Bandung

5. Zinc

Zinc membantu mencegah pembentukan kerutan pada tingkat molekuler dengan memperkuat membran sel dan membawa sel-sel muda ke permukaan, merangsang antioksidan, dan pertahanan kekebalan terhadap penuaan kulit.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini