5 Makanan Khas Indonesia Ini Paling Eksotis, Pernah Coba?

5 Makanan Khas Indonesia Ini Paling Eksotis, Pernah Coba? Ilustrasi. Makanan sayur kangkung. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Kaya bumbu adalah salah satu ciri khas makanan Indonesia. Bumbu-bumbu inilah yang membuat makanan Indonesia memiliki rasa yang khas dan seringkali bikin kita kalap.

Disadur melalui laman Listerine, buat kamu yang doyan jajan, pernah coba mencicipi menu favorit Indonesia ini?

1. Keripik Balado

Keripik singkong asal Padang yang juga disebut Karupuak Sanjai ini, dibuat dengan cara digoreng dan dilumuri dengan bumbu balado yang terbuat dari cabe keriting, bawang merah, asam jawa, daun salam, gula, dan garam.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Makanan Paling Enak Disantap Saat Hujan

Campuran bumbu balado ini membuat tekstur keripik renyah dan lengket. Siap-siap aja ambil air minum, karena biasanya sisa keripik balado gampang menempel di rongga mulut dan sela-sela gigi.

Makanya, setelah makan jangan lupa langsung minum air mineral yang bisa bantu membilas mulut dari sisa keripik balado yang tertinggal. Ini jadi salah satu cara menjaga kebersihan gigi untuk sementara.

2. Sego Tempong

Yang satu Ini kuliner andalan dari Banyuwangi, Jawa Timur. Isinya sederhana kok, terdiri dari nasi panas yang dicampur dengan lauk tempe, tahu, dadar jagung, telur, dan lain sebagainya.

Tapi ciri khas Sego Tempong ada pada sambalnya yang terbuat dari terasi, perasan jeruk limau, cabe rawit, dan tomat.

Saking pedasnya, orang yang makan nasi ini bakal merasa ditempong alias ditampar. Kurang ‘nampar’ apalagi masakan Indonesia yang satu ini?

Baca Juga : Rekomendasi Jajanan Kekinian di Bandung Yang Harus Dicoba

3. Plecing Kangkung

Berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, Plecing Kangkung disajikan bersama sambal yang terdiri dari cabe rawit, tomat, garam, dan terasi yang dihaluskan.

Beberapa kedai makanan bahkan menambahkan sayuran pendamping seperti taoge, kacang panjang, dan kacang goring ke dalam masakan ini.

Hmm... aroma terasi dan rasa pedas bisa jadi kombinasi yang pas buat memanjakan lidah orang Indonesia. Setuju, nggak?

4. Rujak Cingur

Makanan asli Surabaya ini pasti nggak asing lagi kan, tapi kamu pernah coba menyantapnya? Satu porsi rujak ini biasanya terdiri dari irisan lontong, tahu, tempe, sayur-sayuran, timun, dan juga cingur atau moncong sapi yang telah direbus.

Semua bahan ini disajikan dengan bumbu campuran petis udang, kacang merah, gula merah, dan cabe rawit. Enak!

Baca Juga : 5 Manfaat Luar Biasa dari Tusuk Gigi Yang Belum Banyak Diketahui

5. Semur Jengkol

Ini dia makanan asli Indonesia yang paling eksotis aromanya, dan juga dikenal jadi makanan yang bisa bikin bau mulut.

Meski begitu, Semur Jengkol yang jadi makanan khas Betawi ini memiliki rasa yang lezat karena berbagai bumbu rempah-yang ada di dalamnya.

Makanan yang dibuat dari bumbu beraroma kuat seperti bawang, terasi, petis, dan jengkol, memang bisa jadi penyebab bau mulut, karena aroma makanan ini bisa masuk ke aliran darah menuju paru-paru dan membawa bau tertentu saat menghembuskan napas.

Tapi, jangan takut bau mulut makin menyengat setelah makan masakan favorit Indonesia ini, ya. Karena, kamu masih bisa membuat napas tetap segar dengan cara berkumur menggunakan mouthwash.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini