Kota Bandung Ajukan Anggaran Rp14 M untuk Renovasi Gedung Bappelitbang yang Tebakar

Kota Bandung Ajukan Anggaran Rp14 M untuk Renovasi Gedung Bappelitbang yang Tebakar Kota Bandung Ajukan Anggaran Rp14 M untuk Renovasi Gedung Bappelitbang yang Tebakar beberapa waktu lalu. (Tri Widiantie/TERASBANDUNG.COM)

TERASBANDUNG.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung masih melakukan survei lokasi sementara, untuk kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung yang terbakar pada 7 November 2022 lalu. 

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pihaknya tengah melakukan survei kedua lokasi yakni di Jalan Tamansari dan gedung milik PT POS, kendati demikian Yana Mulyana mempertimbangkan berbagai aspek guna efektivitas kerja. 

"Ya betul sudah kedua lokasi, tapi sepertinya akan menggunakan gedung serbaguna yang berada di area Balaikota Bandung," ungkap Yana, Senin 14 November 2022.

Menurut Yana, mobilitas serta aktivitas pegawai menjadi pertimbangan yang lebih efesiensi jika masih berada di area Balaikota Bandung. 

"Biar tidak bolak-balik juga," kata Yana Mulyana. 

Sedangkan terkait renovasi gedung Bappelitbang Kota Bandung pasca terbakar, pihaknya sudah melakukan pengajuan anggaran yakni sekitar RP 14 Miliar. 

"Kurang lebih Rp14 M belum termasuk furniture dan mungkin akan dibangun dua lantai," sambung Yana. 

Sementara itu, Kepala Bappelitbang Kota Bandung, Anton Sunarwibowo menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih belum dapat menentukan lokasi untuk sementara. Karena banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. 

"Total ada sekitar 100 pegawai Bappelitbang Kota Bandung, berarti ruangan atau kapasitas gedung menjadi faktor pemilihan lokasi. Belum lagi terkait anggaran karena diperlukan rehabilitasi kantor seperti untuk jaringan, furniture dan lainnya," papar Anton menjelaskan. 

Saat ini diakui Anton, pihaknya tengah melakukan inventarisasi perlengkapan yang terbakar, selanjutnya rehabilitasi. 

"Setelah itu kita akan menggunakan lokasi sementara untuk aktivitas pegawai Bappelitbang Kota Bandung," tandas Anton. 

Untuk lokasi di Tamansari ia mengatakan, tidak begitu memadai untuk sdm yang mencapai kurang lebih 100 orang. Ditambah lagi harus ada anggaran untuk sewa gedung yang kini masih dilakukan perhitungan. 

Seperti diketahui,  gedung Bappelitbang Kota Bandung terbakar pada Senin  7 November 2022.  Sebanyak  20  unit pemadam kebakaran Diskar PB Kota Bandung dikerahkan untuk melakukan pemadaman. 

Kejadian kebakaran tersebut  diketahui berlangsung sekira pukul 10.00 WIB  saat semua pegawai sedang bekerja. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan kerugian belum dapat ditaksir.***

Penulis: Tri Widiyantie | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini