Pantau Distribusi Bantuan Pangan Beras di Surabaya, Pos Indonesia Pastikan Lancar Tanpa Kendala

Pantau Distribusi Bantuan Pangan Beras di Surabaya, Pos Indonesia Pastikan Lancar Tanpa Kendala

TERASBANDUNG - Pos Indonesia memastikan proses pendistribusian bantuan pangan beras (BPB) pada program cadangan pangan pemerintah tahun 2023 di Jawa Timur berjalan lancar tanpa kendala. Saat ini, proses pendistribusian terus dipercepat ke sejumlah kecamatan dan desa di Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana atau akrab disapa Ana, saat meninjau ke Kantor Pos Kebonrejo, Kota Surabaya, Minggu 9 April 2023.

Ana bersama jajaran manajemen Pos Indonesia melakukan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan keluarga penerima bantuan.

"Pantauan ke beberapa titik di Jawa Timur sejak kemarin, proses pendistribusian bantuan pangan beras pemerintah ini berjalan lancar tanpa kendala. Pendistribusian beras sesuai jadwal dan tepat sasaran by name by address," kata Ana.

Di Kota Surabaya, kata Ana, penerima bantuan beras sebanyak 163.137 keluarga dengan jumlah beras mencapai 1.163 ton. Sedangkan di Provinsi Jawa Timur total penerima

mencapai 3.425.142 kepala keluarga, dengan total beras sekitar 3.425 ton untuk alokasi selama tiga bulan.

Menurut dia, proses pendistribusian BPB oleh Pos Indonesia dilakukan dengan mengambil beras dari Gudang Bulog dan mendistribusikan ke setiap desa atau kecamatan. Beras

kemudian disalurkan ke penerima bantuan pangan (PBP) sesuai nama dan alamat. Setiap PBP mendapatkan 10 kg beras untuk periode Maret.

"Sesuai rencana pemerintah, bantuan pangan beras ini akan diberikan selama tiga bulan, yaitu periode Maret, April, dan Mei. Untuk periode Maret, targetnya sebelum Idul Fitri bisa tersalurkan seluruhnya," jelas Ana.

Pos Indonesia, lanjut Ana, berkomitmen melaksanakan amanah pemerintah dalam pendistribusian BPB ini secara maksimal ke-18 Provinsi di Indonesia. Pos Indonesia mendapatkan amanah mendistribusikan sekitar 130 ribu ton beras kepada sekitar 13 juta BPB dari total penerima sekitar 21,3 juta keluarga.

Untuk mendukung distribusi, Pos Indonesia menyediakan 7.769 armada angkutan dan 18.173 kapasitas sumber daya manusia (SDM) di seluruh Indonesia. Pos Indonesia juga

memastikan semua SDM di lapangan bekerja secara optimal, bekerjasama secara efektif dan efisien dengan Perum Bulog.

Sementara itu, di Kantor Pos Kebonrejo, Ana menyempatkan berinteraksi dengan masyarakat yang akan mengambil bantuan beras tersebut. Mereka sangat antusias mengantre dengan tertib sejak pagi hari. Sedangkan para petugas Pos Indonesia melakukan verifikasi berdasarkan nama dan alamat penerima bantuan.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini