5 Jenis Makanan Paling Ampuh Menurunkan Asam Lambung

5 Jenis Makanan Paling Ampuh Menurunkan Asam Lambung Ilustrasi (Ist)

TERASBANDUNG.COM - Penyakit asam lambung tidak hanya meyerang pada remaja, namun juga pada seseorang yang telah mencapai usia dewasa hingga lansia.

Penyakit yang terjadi di organ lambung ini antara lain dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam muncul di pangkal tenggorokan.

Gejala penyakit asam lambung yang sering muncul pada tubuh seseorang antara lain adalah timbulnya rasa nyeri ulu hati (heartburn).

Sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Baca Juga : Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan, Kamu Wajib Coba!

Pada beberapa kasus asam lambung yang masuk ke tahap parah, maka penderita akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan.

Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan atau mengetahui cara meringankan gejala asam lambung.

Disadur melalui laman resmi Kemkes, berikut ini beberapa makanan yang berfungsi untuk menurunkan gejala asam lambung.

1. Sayuran. Seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Jahe. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit maag, maupun masalah pencernaan lainnya.

3. Pisang. Beberapa buah non-sitrus seperti pisang merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung, karena menjadi buah penurun asam lambung

4. Putih Telur. Selain sehat, putih telur merupakan pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung. Namun tidak untuk kuning telur, hal ini dikarenakan kuning telur mengandung lemak cukup tinggi dan dapat memicu gejala refluks asam lambung.

Baca Juga : Warga 28 Desa di Kabupaten Bandung Bakal Tergusur Mega Proyek Jalan Tol Baru Sepanjang 206,65 Km

5. Yoghurt. Terkadang penderita asam lambung menghindari konsumsi yoghurt karena ditakutkan akan memperparah keadaan, namun yoghurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan penurun asam lambung di atas, seoga dapat memberikan informasi dan membantu menurunkan asam lambung yang diderita.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini