Tips Mencari Hewan Kurban, Mulai dari Usia Hingga Tempat Berjualan

Tips Mencari Hewan Kurban, Mulai dari Usia Hingga Tempat Berjualan Tips Mencari Hewan Kurban. (ihatec.com)

TERASBANDUNG.COM - Kurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam dan biasanya dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan Hari Tasyrik 11, 12, 13 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah.

Menurut SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Dengan demikian, Lebaran Haji 2023 versi SKB 3 Menteri jatuh pada 29 Juni 2023.

Meskipun demikian, penetapan resmi Idul Adha 2023 oleh pemerintah harus menunggu hasil sidang isbat. Kegiatan sidang isbat diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Jika kamu sudah berencana untuk berkurban di tahun ini, sebagai umat Islam sebaiknya pikirkan dengan baik jenis hewan kurban apa yang akan dikurbankan saat Idul Adha tiba.

Baca Juga : Daftar Terbaru Harga Hewan Qurban 2023 di Bandung

Pilih jenis hewan kurban yang tepat terlebih dulu kemudian cari harga sapi kurban dan domba kurban yang sesuai dan kompetitif.

Pastikan juga memilih sapi atau domba yang secara fisik sangat baik dan gemuk, dengan bagian dagingnya yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Dari banyaknya penjual hewan kurban di pinggir jalan tentu pemilihan jenis hewannya harus dilakukan dengan tepat.

Berikut ini tips mencari hewan yang cocok untuk dikurbankan seperti dilansir dari laman yatimmandiri.org:

Jenis Hewan Kurban

Mencari hewan kurban sebaiknya diawali dengan mencari jenis hewannya terlebih dulu. Hewan yang dipilih nantinya harus hewan ternak yang boleh dikurbankan, seperti misalnya hewan unta, domba, kambing, sapi, dan kerbau.

Jenis hewan yang dipilih juga harus sudah memiliki ketentuan hewan ternak yang layak dan juga sehat, serta bisa dikurbankan.

Baca Juga : Daftar Terbaru Harga Hewan Qurban 2023 di Bandung

Tidak Cacat

Cara berikutnya memilih hewan kurban adalah pilih hewan ternak yang tidak ada cacatnya, karena hewan ternak yang cacat tidak akan sah saat dikurbankan. Contohnya hewan kurban yang sebelah matanya buta, atau yang benar-benar buta.

Selain itu kecacatan lainnya seperti sakit, sangat kurus hingga tak ada sumsum tulangnya, dan kakinya pincang. Apabila tidak sah maka hewan yang disembelih nantinya tidak termasuk ibadah kurban, hanya penyembelihan hewan biasa saja.

Nafsu Makannya Baik

Harga sapi kurban 2023 saat ini memang cukup tinggi tapi tentu saja sebanding dengan kualitas hewannya.

Misalnya mempunyai nafsu makan yang baik, dan agar lebih yakin cobalah untuk menanyakan SKKH atau Surat Keterangan Kesehatan Hewan.

Hewan kurban dengan nafsu makan yang baik tentu tubuhnya gemuk, warna kulitnya pun cerah dan lebih mengkilat. Selain itu bagian moncongnya kering dan tak ada ingus atau gelambir, dan lehernya kempis.

Usia Hewan Kurban

Perhatikan juga usia hewan yang akan dikurbankan, untuk domba usia yang cukup adalah antara 12 – 18 bulan sedangkan untuk sapi dan kerbau kurang lebih 22 bulan. Cara mengecek usia hewan kurban adalah dengan mengecek giginya.

Bagi hewan yang usianya sudah cukup maka giginya pun sudah tanggal misalnya dua gigi susu di bagian depan.

Warna gigi hewan yang sudah cukup usia yaitu lebih gelap, hal itu juga menjadi tanda gigi susunya sudah berganti menjadi gigi dewasa dan cukup umur untuk disembelih.

Baca Juga : Daftar Terbaru Harga Hewan Qurban 2023 di Bandung

Pilih Hewan yang Kondisinya Sehat

Pastikan juga hewan ternak yang dipilih kondisinya sehat dan tidak sedang sakit. Pastikan bagian matanya cerah serta tidak berair, dan di bagian hidungnya berair atau basah. Bulunya pun bersih, cerah dan tidak kusam.

Selain itu hewan yang akan dikurbankan nanti tidak boleh demam, sedang diare, tidak lemas, dan tidak sedang tak nafsu makan. Cek juga apakah napas serta detak jantungnya masih normal dan nafsu makannya normal.

Lubang kumlahnya bersih serta berwarna merah muda, yang menandakan bahwa kondisinya benar-benar sehat.

Pilih Tempat Berjualan yang Bersih dan Terpercaya

Jangan membeli hewan kurban yang lokasinya berdekatan dengan tempat pembuangan sampah misalnya, karena dagingnya dapat berbahaya untuk manusia. Maka belilah hewan ternak dari lingkungan yang bersih dan tidak dekat dengan polusi udara.

Hal itu akan memengaruhi tingkat stres hewan itu sendiri dan akan berakibat pada kesehatan tubuhnya.

Menyesuaikan dengan Dana Pribadi

Memilih hewan kurban juga harus disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, apakah cukup untuk membeli sapi, domba, atau hanya kambing. Harga sapi kurban dan beratnya juga menjadi pertimbangan dalam membeli hewan kurban.

Misalnya sapi yang beratnya 1 ton kira-kira harganya berapa, apakah sesuai dengan anggaran yang dimiliki atau tidak.

Membeli hewan kurban ini walaupun hukumnya wajib tapi hanya bagi yang mampu saja, sehingga sesuaikan dengan kemampuan dan anggaran yang dimiliki dan tak perlu dipaksakan.

Baca Juga : Daftar Terbaru Harga Hewan Qurban 2023 di Bandung

Selain itu harga hewan kurban dari tahun ke tahun selalu berbeda, baik di tahun 2022 maupun tahun 2023 ini. Kemudian pelajari juga bagian daging hewan kurban yang nantinya akan dibagi-bagikan.

Sesuai ketentuan syarian Islam, pembagiannya adalah 1/3 untuk yang berkurban, 1/3 untuk diberikan pada orang lain, dan 1/3 untuk sedekah.***

Penulis: Dadi Mulyanto | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini