5 Makanan khas Indonesia yang Sudah Mendunia, Kelezatannya Tak Tertandingi

5 Makanan khas Indonesia yang Sudah Mendunia, Kelezatannya Tak Tertandingi

TERASBANDUNG.COM - Dengan beragam bumbu dan rempah menjadikan cita rasa makanan Indonesia begitu nikmat untuk disantap, ditambah dengan teknik pengolahan yang tradisional menjadikan keunikan tersendiri.

Tidak hanya terkenal di Indonesia, kini banyak makanan khas dari belahan nusantara kita sudah terkenal di dunia, hal tersebut terlihat saat wisatawan mancanegara datang ke Indonesia mencari dan mencicipi makanan khas Indonesia.

Apa saja makanan khas Indonesia yang sudah terkenal cita rasanya di belahan dunia? yuk simak 5 makanan khas Indonesia yang sudah terkenal di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Rendang

Ternyata rendang bukan sebuah nama makanan, namun mengacu pada lamanya waktu memasak daging agar teksturnya menjadi sangat empuk dan kering. Serta rempahnya agar meresap sehingga aroma dagingnya berubah sampai berwarna kecoklatan.

Teknik memasak ini menjadikan rendang punya citarasa yang sangat lezat dan banyak digemari hampir seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar Negeri.

Pada tanggal 9 April 2018, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI memasukkan rendang sebagai salah satu dari 5 makanan khas nasional bersama dengan soto, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

2. Sate

Berikutnya adalah sate, makanan khas Indonesia ini juga cukup terkenan di dunia. Jenis sate pun cukup beragam, yang setiap daerahnya memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri.

Berbahan dasar daging, disiram bumbu dan ditusuk dimasak dengan cara dibakar di atas bara merupakan salah satu ciri sate.

3. Nasi goreng

Hampir semua orang pernah mencicipi nasi goreng, dengan banyaknya variasi bumbu setiap daerah bahkan setiap orang yang memasak nasgor punya bumbu andalan masing-masing.

Cara memasaknya yang dibilang cukup mudah, menjadikan menu nasi goreng banyak diminati. Dari mulai nasi goreng gerobak, nasi goreng kampung, nasi goreng sunda dan masih banyak lagi variasi bumbu yang bisa berkolaborasi dengan nasi goreng.

4. Bakso

Bakso merupakan olahan dari daging sapi yang dihaluskan, dicampur dengan bumbu halus, tepung terigu, dan penyedap rasa. Adonan tersebut dibentuk bola lalu direbus hingga matang.

Bakso disajikan bersama kuah kaldu sapi beserta pelengkap berupa mie kuning, bihun, tahu bakso, dan rajangan daun seledri.

Kini bakso telah banyak dimodifikasi seperti bakso keju, bakso rawit, bakso beranak, bakso telur, hingga bakso yang ukuran jumbo. Jangan lupa untuk menyantap bakso beserta kecap, saus ataupun sambal yang menggugah selera.

5. Soto

Makanan Khas Indonesia soto, Coto, Sauto, Tauto adalah makanan khas Indonesia sejenis sup dengan kuah rebusan ayam atau sapi. Soto biasanya memakai dua jenis daging, yakni daging ayam dan dan daging sapi.

Soto ayam memiliki kuah berwarna kekuningan dengan rasa gurih dan harum. Warna kuning dikarenakan dari kunyit, bawang merah, bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Sedangkan soto daging biasa berwarna bening atau berkuah santan.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang sudah terkenal kelezatannya di dunia, nah kalian paling suka yang mana?***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Genta Mahesa

Berita Terkini