Rahasia Menjaga Agar Tetap Terlihat Awet Muda, Hanya Gunakan Bahan Alami

Rahasia Menjaga Agar Tetap Terlihat Awet Muda, Hanya Gunakan Bahan Alami (Ilustrasi/freepik)

TERASBANDUNG.COM - Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia, perawatannya pun gampang-gampang susah, merawat kulit menggunakan produk berbahan bebas kimia atau organik akan membuat terlihat awet muda dan bersinar.

Kondisi tidur tanpa membersihkan riasan atau makan makanan yang tidak sehat, bisa membuat kulit terlihat kusam dan kering.

Ribuan produk kecantikan ditawarkan dipasaran, yang tentunya ada efek di kemudian waktu. Sebaiknya gunakan sumber alami untuk menjaga kesehatan kulit untuk mencapai hasil yang maksimal.

Baca Juga : IndiHome Akan Migrasi ke Telkomsel per 1 Juli 2023, Telkom Siapkan Paket Layanan Baru

Tapi bahan alami apa yang bisa dipakai untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut rahasia produk kecantikan alami untuk kulit agar terlihat tetap awet muda:

1. Susu

Diperkaya dengan nutrisi yang ramah kulit seperti vitamin B 6 B12 dan vitamin D, memercikkan atau mengusap wajah dengan susu dingin dua kali sehari akan menghilangkan warna kulit tidak merata dan melembabkan kulit.

2. Alpukat

Salah satu bahan rahasia untuk membuat kulit tetap awet muda adalah sumber alami kolagen, antioksidan, lemak sehat, dan vitamin C bahan yang terkandung dalam alpukat.

Penggunaannya cukup mudah, dengan menghaluskannya dan digunakan sebagai masker pada wajah. Jika tidak ada buah alpukat anda bisa menggantinya dengan cara mengoleskan minyak alpukat sebelum tidur secara rutin.

3. Madu

Madu memiliki kandungna alami untuk mempertahankan kelembaban, dengan cara mengoleskan pada wajah secara teratur akan membuat lembut dan kenyal serta mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

Madu juga sebagai anti peradangan alami yang membantu peremajaan kulit dan membuatnya tampak muda bercahaya.

Baca Juga : ASUS Perkenalkan Zenbook S13 OLED, Laptop Ultraportabel OLED Ringan dan Ramah Lingkungan

4. Minyak Zaitun

Diketahui sejak lama khasiat alami minyak zaitun digunakan untuk perawatan kulit, minyak ini digunakan sebagai bahan dasar untuk beberapa pembersih wajah dan pelembab.

Oleskan beberapa tetes akanmembuat kulit anda tetap lembab tanpa rasa berminyak, Kombinasi minyak zaitun dengan garam sama dengan perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan debu kotoran yang menempel di permukaan kulit secara alami.

kandungan antioksidannya akakn kuan membantu mengurangi pembentukan kerutan dan tanda-tanda penuaan.

5. Jeruk

Dengan kandungan vitamin C nya jeruk sangat bagus untuk detoksifikasi, dengan cara meminum jus jeruk dapat membatu meremajakan kulit dari dalam. Bisa juga dengan cara mengoleskan sedikit kulit jeruk dicampur dengan air mawar akan menghilangkan jerawat dan menjaga kekencangan kulit.

Mengkonsumsi satu buah jeruk setiap harinya akan secara aktif mendetoksifikasi, menangkal radikal bebas, dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

6. Kunyit

Kunyit yang biasanya dipakai untuk bumbu masakan, bisa dipakai dengan campuran garam dan susu untuk dijadikan sebagai pengganti sabun. Bermanfaat untuk menjaga kelembaban tetap terkunci di dalam kulit sekaligus membersihkan kulit mati.

Mengkombinasikan kunyit dan madu memiliki beberapa sidat antibakteri dan anti inflamasi yang luar biasa mengobati beberapa masalah kulit dan menyembuhkan luka.

7. Kacang Almond

Dengan kandungan asam lemak omega 3 yang kuat, vitamin E, antioksidan, dan mineral ramah kulit lainnya, mengkonsumsi almond secara teratur akan menahan pembentukan kerutan dan membuat kulit tampak awet muda.

Memijat kulit secara teratur dengan minyak almond akan membuat tetap bersinar dan mencegah pembentukan garis-garis halus.

8. Gula

Gula adalah pembalut kulit yang sangat baik, untuk menghilangkan kulit kering dan bersisik, cukup dengan mengoleskan kombinasi yogurt dan gula.

Sifat scrub gula yang abrasif membantu menghilangkan kulit kusam yang membuat kulit tampak terlihat tak bernyawa.

9. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dikenal karena khasit penyembuhannya, mengoleskan gel lidah buaya yang segar atau baru dihaliskan akan meningkatkan produksi klagen pada kulit yang membuatnya terasa kenyal dan terlihat awet muda.

Kolagen adalah bahan utama yang meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan, selain itu gel lidah buaya juga menghidrasi kulit.

10. Mentimun

Kandungan ari dalam mentimun cukup banyak yakni sekitar 90 persen, yang menjadikan salah satu bahan pelembab kulit terbaik. Dari sifatnya yang mendinginkan untuk mengobati mata bengkak hingga menenangkan kulit yang terbakar atau rusak.

Cara seerhana untuk perawatan kulit menggunakan mentimun ialah menjadikannya sebagai masker utnuk melembabkan dan menutrisi kulit.

11. Buah Ara

Buah ara termasuk dalam kategori makanan super, bersama dengan meningkatkan sistem kekebalan kemampuan mereka untuk menghilangkan racun dari kulit juga dihargai secara luas.

yang harus Anda lakukan hanyalah Hancurkan dua hingga tiga buah ara bersama dengan beberapa tetes jus lemon atau sejumput susu mengoleskan masker wajah ini setidaknya tiga kali seminggu akan meningkatkan kilau kulit Anda yang bersifat abrasif ringan memijat, campuran ini di wajah Anda akan mengelupas pori-pori dan menjaga kesehatan kulit.

12. Pepaya

Pepaya sering dimakan karena manfaat kesehatannya yang luar biasa juga mengandung bahan kecantikan rahasia yang disebut papain yang bekerja ajaib untuk kulit saat digunakan sebagai masker wajah, enzim ini bisa mencerahkan kulit, noda, dan bekas luka.

Menggabungkan dua sendok pepaya yang dihaluskan dengan beberapa tetes lemon dan satu sendok makan madu juga mengurangi pigmentasi yang akan menghasilkan cahaya muda alami. Memiliki sifat pengelupasan alami yang menghilangkan kulit mati kering.

13. Lemon

Lemon adalah salah satu bahan yang paling umum ditampilkan dalam produk perawatan kulit yang kaya akan antioksidan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat.

Mengoleskan lemon akan meningkatkan produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit, tidak hanya itu lemon juga juga mencerahkan kulit sekaligus melembabkannya pada saat yang sama.

jerawat tidak akan hilang? Lemon secara alami antibakteri yang mencegah infeksi, bisa dengan cara jus lemon untuk detoksifikasi dan bisa juga bisa dengan cara menambahkan beberapa tetes lemon ke masker wajah buatan sendiri.

14. Yogurt

Yogurt populer untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan berjalan, kaya asam laktat yang sangat baus untuk kulit. Membantu dalam mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan menghilangkan mata panda sekaligus melindungi kulit dari penuaan dini.

Bersifat antibakteri dan anti jamur, Masker wajah yang terbuat dari campuran yogurt, madu, dan oat akan menghentikan perkembangan jerawat dan meredakan luka bakar akibat pancaran sinar matahari.

15. oat

Oat adalah makanan paling ramah kulit saat digunakan sebagai masker wajah, yang dibuat sebagai agen anti-tanning dan eksfoliator yang efektif, Seng di dalamnya dapat melawan jerawat dengan menyerap kelebihan minyak.

Melembabkan Kulit yang kering dan gatal sekaligus membuat kulit terasa halus seperti satin, KOmbinasi oat, yogurt, dan tetesan lemon adalah masker yang cocok untuk melembabkan kulit yang sempurna.

16. minyak kelapa

Pelembab ringan alami ini memberikan hidrasi ekstra pada kulit sehingga tampak bercahaya, minyak kelapa merupakan solusi terbaik untuk beberapa masalah kulit seperti menghaluskan telapak tangan, bibir, dan siku yang pecah-pecah.

Memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat seperti antioksidan dan asam lemak yang mengurangi kemerahan, peradangan dan meminimalkan pembentukan kerutan.

Cukup mengoleskan miyak kelapa secukupnya lalu lap minyak yang berlebihan menggunakan kapas sebelum tidur.

17. pisang

Mengandung vitamin, mineral, dan karoten alami, pisang baisanya buah yang selalu diremehkan untuk perawatan kulit. sumber potasium yang bagus, pelembab sederhana ini membuat kulit tampak lebih jernih, bercaha, dan awt muda.

Kulit dehidrasi membuat terlihat lebih kusam dan tak bernyawa, cukup dengan mengoleskan masker wajah yang terbuat dari pisang matang yang dihaluskan, madu, dan lemon akan membuat tampak sehat dan kenyal.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Genta Mahesa

Berita Terkini