Ribuan Pelajar SMP Antusias Ikuti Program Duta Literasi Bahasa Inggris Solve Education! Foundation

Ribuan Pelajar SMP Antusias Ikuti Program Duta Literasi Bahasa Inggris Solve Education! Foundation

TERASBANDUNG.COM - Solve Education! Foundation menggelar program Duta Literasi Bahasa Inggris tingkat SMP di wilayah Kota Semarang yang berlangsung selama 6 bulan, Januari hingga Juni 2023.

Solve Education! Foundation menyediakan teknologi pendukung pembelajaran bahasa Inggris berupa aplikasi berbasis gim yaitu Dawn of Civilization dan juga platform pemantauan belajar murid yaitu Learnalytics untuk membantu guru memantau kegiatan belajar di dalam dan di luar kelas.

Sebanyak 4,883 murid SMP di Semarang belajar dan berpartisipasi aktif dalam program tersebut.

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan program penghargaan atau kompetisi semacam ini, yang menitikberatkan terhadap kompetensi, harus dipertahankan.

“Kita harus mulai berpindah dari kompetisi-kompetisi kecil yang sekali jalan ke kompetisi-kompetisi yang menitikberatkan kompetensi dan pembinaan karakter yang mempersiapkan anak-anak kita untuk siap di era globalisasi dan tentu menjadi berdaya,” katanya.

Direktur Operasional Solve Education! Foundation Talitha Amalia mengemukakan program tersebut merupakan kolaborasi antara Yayasan Teknologi untuk Indonesia (Solve Education! Foundation) dan Pemerintah Kota Semarang, yang diluncurkan untuk meningkatkan akses dan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di kalangan murid SMP di Kota Semarang.

“Program ini bertujuan mengembangkan kemampuan literasi Bahasa Inggris generasi muda melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, menggunakan aplikasi digital berbasis gim bernama Dawn of Civilization,” tegasnya.

Melalui program ini, murid SMP di Kota Semarang dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka melalui gim interaktif yang dapat diakses kapanpun, dimanapun, baik di kelas maupun di rumah.

Selain itu, program ini juga menghadirkan lokakarya Bahasa Inggris yang mengundang penutur bahasa Inggris internasional dari berbagai negara.

Murid yang berhasil meningkatkan level belajarnya diundang untuk mengikuti lokakarya bahasa Inggris untuk latihan berbicara dengan penutur bahasa Inggris Internasional secara virtual melalui Zoom.

Sebanyak 11 penutur bahasa Inggris dari 6 negara seperti Singapura, Jepang, Ceko, India dan lainnya hadir sebagai mentor belajar. Puncak program ini adalah pemilihan Duta Literasi Bahasa Inggris Tingkat SMP di Kota Semarang.

Program ini dibuka oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang secara online diawal tahun dan ditutup 16 Juni 2023, diikuti oleh 128 guru bahasa Inggris dari lebih 100 SMP di Kota Semarang yang sudah mengadopsi game edukasi dari Solve Education! untuk pembelajaran bahasa Inggris mereka di sekolah sejak tahun lalu.

Pemenang Duta Literasi Bahasa Inggris Tingkat SMP di Kota Semarang Kategori Putra adalah Marcelino Alfin, murid kelas 9 dari SMPN 5 Semarang. Sementara pemenang Duta Literasi Bahasa Inggris Tingkat SMP di Kota Semarang Kategori Putri Nabila Arindya, murid kelas 7 dari SMPN 27 Semarang.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini