WJIS 2023, Jawa Barat Tawarkan 10 Projek Senilai Rp70 Triliun

WJIS 2023, Jawa Barat Tawarkan 10 Projek Senilai Rp70 Triliun

TERASBANDUNG.COM - Sedikitnya, ada 10 proyek di Jawa Barat yang ditawarkan kepada para investor dalam West Java Investment Summit (WJIS) 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengemukakan, dari 10 proyek yang ditawarkan itu, total nilai investasinya adalah sebesar Rp70 triliun.

"Rekapitulasi Project Ready To Offer yang akan ditawarkan pada WJIS Tahun 2023 yaitu total seluruhnya 10 project dengan total nilai investasi lebih dari Rp 70 Triliun," ujarnya dalam paparan di hadapan calon investor di WJIS, Rabu 9 Agustus 2023.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam konferensi pers usai membuka WJIS menegaskan jika investasi senilai Rp70 triliun itu akan diutamakan pada investasi hijau serta mengutamakan projek hilirisasi.

"Nikel ada di Sulawesi, pabriknya ada di Jabar. Jangan jual mentah ke luar negeri, makanya hilirisasi produk dilakukan di Jabar, pabrik baterai di kawasan Rebana. Nilainya bakal naik 8 hingga 9 kalilipat dan bakal menyerap ribuan tenaga kerja. Nanti juga akan dibangun pabrik kendaraan listrik di Jabar," paparnya.

Gubernur menegaskan kerja sama yang baik dengan Bank Indonesia melalui WJIS dalam lima tahun terakhir sudah membuahkan hasil. Investasi berhasil dijemput melalui WJIS.

"Jabar kini menjadi wajah ekonomi Indonesia, semoga diakhir Jabatan saya, itu akan diingat terus," ujarnya.

Sementara itu, Deputy Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengatakan WJIS terbukti berhasil dalam menggaet investasi untuk masuk ke Jabar. Jabar selalu menjadi lokasi favorit investasi dan selalu menjadi juara dalam investasi setiap tahunnya.

Salah satu hasil dari WJIS adalah terealisasinya projek pembangkit listrik tenaga surya yang dibangun di PLTA Cirata Purwakarta.

"Kami juga terus mendorong perbankan untuk membiayai projek yang ditawarkan dalam WJIS, khususnya renewable industri," katanya.

Proyek-proyek yang akan ditawarkan pada WJIS 2023 merupakan proyek-proyek yang tealah memenuhi persyaratan ready to offer, di antaranya: 

Special Economic Zone of LIDO

Electric Motorcycle Industry for Electric Vehicles

Component Industries of Motor Vehicle’s Brake System and Suspension System

Airplane Tire Industry from Natural Rubber

Paracetamol, Clopidogrel and Amoxicillin Medicine Raw Material Industry

Metropolitan Bandung Railway

Geothermal Working Area Tangkuban Perahu

Geothermal Working Area Cisolok Cisukarame

Startup Bandung,

Dalam WJIS jiga dilakukan penandatanganan MoU, antara lain ;

Surat Penghargaan Pembangunan Infrastruktur Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah Regional Legok Nangka, dengan Skema KPBU kepada Sumitomo EPN HITZ;

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan Universitas Padjajaran tentang Peningkatan Kapasitas, Penyaringan Proyek, Pendampingan dan Konsultasi Proyek KPBU di Jawa Barat;

Pengurangan Emisi Karbon di Sektor Transportasi Melalui Konversi Kendaraan Listrik dan Penggunaan Energi Terbarukan dengan Nottingham University;

Nota Kesepahaman Antara Kadin Jawa Barat Dan Pemprov Jawa Barat Tentang Kerjasama Penguatan Atau Revitalisasi Pendidikan Pelatihan Kerja;

Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Startup Bandung tentang Fasilitasi dan Pengembangan Perusahaan Pemula Lokal di Jawa Barat;

Nota Kesepahaman Antara Badan Pengelola Rebana Metropolitan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA): Tentang Proyek Pengembangan Kawasan Rebana yang Terkait dengan Pelabuhan Internasional Patimban;

Nota Kesepahaman Antara Badan Pengelola Metropolitan Rebana dengan Australia Indonesia Centre: Mengenai Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan di Kawasan Metropolitan Rebana;

Perjanjian Kerja sama Antara Badan Pengelola Kawasan Metropolitan Rebana dengan World Resource Institute : Tentang Strategi Pengembangan Industri Hijau dan Rendah Emisi di Kawasan Metropolitan Rebana .

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini