Waspadai Penyakit Saat Cuaca Panas, Cegah dengan 5 Langkah Ini

Waspadai Penyakit Saat Cuaca Panas, Cegah dengan 5 Langkah Ini Hindari Dampak Buruk Cuaca Panas. (Freepik)

TERASBANDUNG.COM - Cuaca panas yang saat ini terjadi, tidak hanya membuat aktivitas kamu menjadi terganggu, namun juga menyebabkan terjadinya berbagai potensi penyakit.

Potensi penyakit tersebut dapat menyerang kamu yang tidak melakukan persiapan yang baik dan benar dalam menghadapi cuaca yang panas seperti saat ini.

Adapun persiapan yang bisa dilakukan dalam menghadapi cuaca panas seperti saat ini adalah dengan rutin minum dan tidak menunggu haus.

Rutin minum menggunakan sunscreen minimal SPF 30, hingga meminimalisir kegiatan seperti olahraga dan bermain di luar ruangan.

Baca Juga : Waduh, BMKG Umumkan Suhu di 7 Wilayah Ini Bisa Panas Mendidih, Jawa Barat Jadi Pusat Perhatian!

Untuk itu, mengetahui beberapa tindakan yang dapat meminimalisir dampak cuaca panas bagi tubuh menjadi penting untuk kita ketahui, agar tubuh masih bisa beraktivitas dengan maksimal dibawah terik matahari tanpa ada kendala.

Berikut ini beberapa tips sehat saat cuaca panas yang perlu untuk diketahui dan dilakukan, seperti dilansir melalui laman upk.kemkes diantaranya adalah:

1. Cukupi kebutuhan air tubuh dan tidak menunggu rasa haus muncul

2. Menghindari kontak matahari secara langsung dengan menggunakan topi atau payung.

3. Menggunakan tabir surya atau sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yg tidak tertutup oleh baju untuk memberikan perlindungan ekstra kepada kulit.

4. Apabila ingin melakukan aktivitas fisik/olahraga, lakukan di dalam ruangan untuk meminimalisir potensi heatstroke ataupun dehidrasi

5. Jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan yang terparkir, baik dengan kaca terbuka maupun tertutup.

Panas terik seperti yang terjadi saat ini sangat perlu untuk kita waspadai, karena tubuh akan rentan mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi, Heat Stroke dan gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga : Waduh, BMKG Umumkan Suhu di 7 Wilayah Ini Bisa Panas Mendidih, Jawa Barat Jadi Pusat Perhatian!

Berbagai harus dilakukan sebagai upaya untuk menghindari berbagai penyakit penyerta musim panas, seperti:

1. Dehidrasi, Heatstroke dan iritasi kulit yang ditandai dengan kelelahan, kulit kering serta warna air kencing yang keruh.

2. Sakit Kepala Sebelah (Migrain) akibat terpapar panas matahari ataupun terpapar polusi yang berlebihan.

3. Panas dalam akibat kondisi cuaca yang panas dan diperparah dengan asupan makanan yang kurang tepat, seperti gorengan atau makanan pedas.

4. Demam tinggi akibat paparan sinar matahari, sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat. Apabila tidak mendapatkan penanganan, akan berbahaya dan merusak otak serta organ-organ vital di dalam tubuh kita.

Baca Juga : Bandung Raya Darurat Sampah, Ini Langkah yang Dilakukan Pemkot Bandung

Dengan mengetahui beberapa penyakit yang mungkin terjadi akibat cuaca yang panas seperti saat ini, diharapkan bisa membuat kita jauh lebih waspada dan melakukan persiapan dalam menghadapi cuaca panas.

Kurangi aktivitas diluar ruangan dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini