Pj Wali Kota Bandung Respons Pj Gubernur Jabar Soal Masalah Sampah Kota Bandung

Pj Wali Kota Bandung Respons Pj Gubernur Jabar Soal Masalah Sampah Kota Bandung TPS Darurat Gedebage . (Bandung.go.id)

TERASBANDUNG.COM - Merespon apa yang dikatakan Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyampaikan, lahan di Cijeruk sebenarnya sudah siap digunakan.

Namun, Pemkot Bandung dan Pemkab Sumedang akan berkoordinasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi mengatakan, Pemkot Bandung berencana menggunakan lahan di Cijeruk, Sumedang sebagai TPA.

Namun Bey Triadi meminta agar pihak Pemkot Bandung memastikan terlebih dahulu jangan sampai ada konflik atau masyarakat masih kontra dengan kebijakan tersebut.

Baca Juga : Kata Pj Gubernur Jabar Soal Masalah Sampah di Kota Bandung

Ia meminta agar pihak Pemkot Bandung mensosialisasi dulu ke masyarakat dengan baik dan jangan memaksakan.

"Kapasitas sampah yang bisa ditampung di sana itu mencapai 100.000 ton. Ada metode untuk pengolahan sampahnya. Tapi, tetap harus kita sosialisasikan dulu dengan masyarakat. Di sana bukan pemukiman padat, tapi ada rumah yang terlewati," kata Bambang Tirtoyuliono.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dudy Prayudi menjelaskan, saat ini ritase sampah Kota Bandung sudah mencapai 214 rit. Total kuota yang diberikan untuk Kota Bandung sebanyak 4.000 rit, sekarang tersisa 2.400.

"Kita terus berupaya untuk menyelesaikan tumpukan sampah yang ada di TPS. Sampai sekarang ada 78 TPS yang masih overload," jelas Dudy.

Ia mengatakan, TPS yang menjadi prioritas untuk diangkut jika sampah-sampahnya sudah meluber sampai menutupi jalan, menghalangi badan jalan.

Upaya lain yang dilakukan Pemkot Bandung untuk menangani sampah adalah dengan menyediakan TPS organik di Tegallega. Dudy menuturkan, saat ini sedang ada pembangunan TPST oleh Kementerian PUPR.

"Nanti bisa mengolah sekitar 40 ton sampah organik menjadi RDF. Kita juga sudah mendatangkan 6 gibrik. Ditempatkan di beberapa lokasi yakni Ciwastra, Babakansari, SPA Tegalega, Cicukang Holis, dan Ence Azis," paparnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono Usulkan Perpanjang Masa Darurat Sampah, Ini Masalahnya

Hasil pemilahannya akan berupa bubuk organik yang dijadikan sebagai pakan magot. Sedangkan sampah anorganik akan dikumpulkan dulu untuk dicacah.

Ia mengaku, dalam sejam, satu mesin gibrik bisa memilah 2 ton sampah. Tinggal berapa jam kerja dari masing-masing lokasi.

"Kami berharap provinsi bisa membantu. Sebab kalau belum dicacah, pabrik semen belum bisa menerima. Jika sudah dicacah, justru pabrik semen yang akan membayar kita," lanjutnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini