Inilah Masalah Utama Penyebab Munculnya Kantung Mata

Inilah Masalah Utama Penyebab Munculnya Kantung Mata

TERASBANDUNG.COM - Ada banyak faktor yang menyebabkan kantung mata menjadi menghitam dan munculnya kerutan, seperti kebiasaan begadang, konsumsi minuman beralkohol, bahkan paparan sinar matahari.

Aktivitas istirahat yang kurang baik juga dapat menyebabkan munculnya lingkaran atau gundukan di sekitar mata. Selain karena aktivitas istirahat yang kurang baik, ternyata ada beragam penyebab lain yang kerap kita tidak sadari.

Kantung mata biasanya bukanlah sesuatu yang perlu Anda cemaskan. Akan tetapi, jika penyebabnya berkaitan dengan suatu kondisi medis, perubahan gaya hidup saja belum tentu cukup untuk mengatasinya.

Baca Juga : Ini DIa 11 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya, Sangat Mudah Menanamnya

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kantung mata.

1. Melemahnya kulit dan otot kelopak mata terkait usia

Seiring bertambahnya usia, sangat wajar bagi seseorang untuk memiliki kantung mata. Seperti otot dan jaringan lainnya pada tubuh Anda, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata Anda juga mulai melemah.

2. Penumpukan cairan

Ini merupakan penyebab kantung mata yang paling umum. Di sekitar mata terdapat cairan yang menempati ruang antarsel.

Cairan ini bisa berkumpul pada bagian bawah kelopak mata akibat faktor tertentu, misalnya melemahnya kelopak mata seiring usia. Selain itu, penumpukan cairan juga dapat disebabkan oleh pola makan tinggi garam.

3. Kurang tidur atau tidur berlebihan

Waktu tidur yang kurang maupun tidur berlebihan sama-sama dapat menimbulkan lingkaran gelap di bawah mata. Kurang tidur khususnya, bisa membuat kulit Anda menjadi pucat sehingga pembuluh berwarna gelap yang ada di bawah kulit tampak lebih jelas.

4. Dehidrasi

Salah satu penyebab kantung mata yang jarang disadari yakni dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, kulit di bawah mata akan tampak kusam dan pembuluh darah yang lebih gelap di bawahnya akan semakin terlihat jelas.

5. Paparan sinar matahari

Kulit Anda membentuk pigmen kecokelatan yang disebut melanin ketika terpapar sinar matahari. Pigmen ini berfungsi mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

Namun, jika Anda terkena sinar matahari secara berlebihan, produksi melanin juga akan melonjak.

Baca Juga : Tips Merawat Kesehatan Mata Agar Terhindar dari Katarak

6. Reaksi alergi

Reaksi alergi sangat bervariasi. Pada beberapa orang, kondisi ini dapat menyebabkan mata bengkak dan berair.

Bukan tidak mungkin, cairan di sekitar mata juga menumpuk pada bagian bawah kelopak mata Anda sehingga membuatnya tampak gelap.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini