Institut Teknologi Bandung Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Institut Teknologi Bandung Canangkan Pembangunan Zona Integritas

TERASBANDUNG.COM - Institut Teknologi Bandung (ITB) mencanangkan pembangunan zona integritas di seluruh fakultas dan sekolah di lingkungan ITB.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Prof Muhamad Abduh dalam sambutannya mengemukakan zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan bebas dari korupsi serta melayani dengan sepenuh hati.

Kegiatan pembangunan Zona Integritas merupakan program dari Kemenpan RB dalam rangka untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi bagi seluruh instansi Pemerintah.

Dia mengatakan, pembangunan Zona Integritas di ITB telah diinisiasi oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informasi (STEI) sejak tahun 2021.

Namun sejalan dengan Kepmendikbud Nomor 228/0/2023 tentang Unit Kerja Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) di Lingkungan Kemendikbudristek Tahun 2023, maka pembangunan ZI WBK untuk seluruh Fakultas/Sekolah yang belum melakukan pembangunan ZI WBK perlu segera dimulai, dan kegiatan ini diawali dengan diadakannya Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

"Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita menempatkan momen ini untuk bersama-sama mencanangkan Pembangunan Zona Integritas bagi 11 Fakultas/Sekolah di ITB yaitu FITB, FMIPA, FSRD, FTI, FTMD, FTTM, FTSL, SBM, SAPPK, SF, dan SITH," katanya.

Dia menjelaskan Reformasi Birokrasi dalam bentuk pembangunan Zona Integritas ini penting untuk memperbaiki tata kelola ITB sebagai perguruan tinggi.

Tujuannya adalah menciptakan birokrasi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Birokrasi ini diharapkan dapat meningkatan pelayanan pendidikan, pelaksanaan penelitian, serta pengabdian masyarakat yang baik dan bermanfaat untuk publik.

"Mari kita menjadikan Reformasi Birokrasi sebagai kegiatan yang terintegrasi (embedded). Sehingga mestinya kegiatan ini dapat dilaksanakan oleh tim organik, bukan satgas. Ini bukan tugas yang mudah, dan jelas tidak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat," tegasnya.

Dia mengemukakan pada tahun 2023 ini, ITB telah mencanangkan slogan BAKTI yang merupakan akronim dari enam kompetensi wajib bagi seluruh pegawai, yaitu Belajar Terus Menerus, Adaptif, Kolaboratif, Kinerja Tinggi, Toleransi, dan Integritas.

ITB pun di bulan November ini mencanangkan karakter AIR terkait dengan program Pembinaan Mahasiswa. AIR adalah Adaptif, Integritas, dan Rendah Hati.

"Jadi kata INTEGRITAS telah kami tetapkan sebagai karakter yang wajib dimiliki baik untuk pegawai maupun untuk mahasiswa," ujarnya.

Dia mengharapkan dengan dicanangkannya seluruh Fakultas dan Sekolah sebagai unit Pembangunan Zona Integritas di ITB, menjadi bukti nyata keseriusan dan komitmen dari segenap sivitas untuk tercapainya tata kelola institusi yang baik melalui peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, serta peningkatan layanan publik yang bersih dan bebas KKN.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemenpan RB atas inisiatif dan dedikasinya dalam mewujudkan Program Reformasi Birokrasi ini. Saya juga mengajak seluruh hadirin untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam upaya ini. Perlu saya sampaikan juga agar program ini bukan sebagai semata-mata sebagai kegiatan yang sifatnya administratif, namun perlu ditindaklanjuti melalui perubahan yang nyata," paparnya.

Penulis: Dadi Mulyanto | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini