PLN UPT Bandung Gelar Sosialisasi Bahaya Bermain Layang-layang di Sekitar Jalur Transmisi Listrik

PLN UPT Bandung Gelar Sosialisasi Bahaya Bermain Layang-layang di Sekitar Jalur Transmisi Listrik

TERASBANDUNG.COM - PT PLN UPT Bandung menggelar sosialisasi terkait manfaat dan bahaya listrik di SMPN 4 Jatinangor Sumedang.

Arisman, Asisten Manager Renev PLN UPT Bandung menjelaskan salah satu poin penting yang menjadi pembahasan pada sosialisasi kali ini adalah terkait bahaya bermain layang-layang di tower jalur transmisi listrik.

Menurutnya, layangan yang apabila menyentuh jaringan listrik, kerap menjadi salah satu penyebab gangguan sistem kelistrikan.

Masyarakat diimbau, apabila bermain layang-layang hendaknya dilakukan di area terbuka serta jauh dari jaringan listrik.

"Pada Jumat 24 November 2023, PLN UPT Bandung melakukan sosialisasi terkait manfaat dan bahaya listrik di SMPN 4 Jatinangor yang melibatkan Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan juga pegawai PLN UPT Bandung," ungkap Arisman.

Dia menjelaskan, jika ada layangan atau pohon yang menyentuh jaringan listrik, hal itu berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan pasokan listrik maupun instalasi yang dapat menyebakan pemadaman listrik secara meluas.

"Kami dari UPT Bandung mengimbau masyarakat untuk dapat memanfaatkan listrik secara hemat dan bijak serta tidak melakukan kegiatan yang membahayakan di bawah jaringan SUTT maupun SUTET," tegasnya.

Sementara itu, Bagian Kesiswaan SMPN 4 Jatinangor, Titin mengucapkan terima kasih kepada PLN UPT Bandung yang telah menggelar sosialisasi manfaat dan bahaya listrik.

Menurutnya, siswa SMPN 4 Jatinangor sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan ini.

"Pada sosialisasi ini diterangkan kepada siswa agar bermain layang-layang secara aman. Dengan kegiatan ini siswa siswi bisa lebih memahami manfaat dan bahaya kelistrikan," katanya.

PLN UPT Bandung merupakan salah satu Unit PLN yang memiliki potensi gangguan kelistrikan cukup besar yang diakibatkan oleh layang-layang, sehingga dengan kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana bermain layang-layang yang aman baik bagi masyarakat dan khususnya PLN.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini