Pemkot Bandung Gaet Komunitas Lakukan Revitalisasi Ruang Publik Melalui Program BUAT KAMU

 Pemkot Bandung Gaet Komunitas Lakukan Revitalisasi Ruang Publik Melalui Program BUAT KAMU Sejumlah siswa saat mengikuti kegiatan BUAT KAMU, Rabu (17/01/2024). (foto bandung.go.id)

TERASBANDUNG.COM - Ciptakan ruang publik lebih bersih, indah dan nyaman, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkolaborasi dengan komunitas menggelar kegiatan Bebersih Untuk Asyiknya Trotoar Kota Agar Menyenangkan dan Unggul (BUAT KAMU), di Cikapundung Riverspot, Rabu (17/01/2024).

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 300 relawan, yang melibat Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, aparat kewilayahan beserta unsur OPD lainnya dan sejumlah komunitas di Bandung.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyambut positif dan menyebut BUAT KAMU adalah langkah strategis yang menjadi pengingat pentingnya menjaga lingkungan.

"Ruang publik ini harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan segala keterbatasan, kami menggandeng unsur komunitas. Yuk, kita sama-sama bersihkan ruang publik di sekitar Alun-alun Bandung ini," katanya dilansir siaran pers Humas Kota Bandung.

Bambang menyebut BUAT KAMU di Cikapundung Riverspot ini sebagai titik awal. Menurutnya, kegiatan ini akan dilaksanakan lagi di titik lainnya di Kota Bandung.

"Ini langkah awal. Selanjutnya akan ada di berbagai titik Kota Bandung," tambahnya.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan jika kegiatan ini juga sejalan dengan salah satu target Pemkot Bandung di tahun 2024, yakni merevitalisasi ruang-ruang publik agar dapat dinikmati secara maksimal oleh masyarakat.

"Kita siapkan ruang publik agar bisa dinikmati. Seperti di kawasan Alun-alun, ini banyak sekali ruang publik untuk masyarakat," kata Bambang.

Ia berharap, seluruh pihak dapat sama-sama saling menjaga lingkungan Kota Bandung. Salah satunya dengan membuang sampah serta membiasakan diri mengelola sampah sesuai jenisnya.

"Kami berharap warga Kota Bandung lebih peduli lingkungan. Ciptakan suasana Kota Bandung ini yang benar-benar bersih, indah, nyaman, sehingga kita sama-sama bisa menikmatinya," pesan Bambang.

Untuk diketahui komunitas yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain Komunitas Edan Sepur, Forkom Bandung Raya, Komunitas Indonesia Ramah Lansia Jawa Barat, Komunitas Rescue River Indonesia, Komunitas BMX System Bandung, Komunitas Parkour Bandung, Ecology and Conservation Brotherhood Indonesia, Asosiasi BMX Kota Bandung, Ecology dan Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Disabilitas Jawa Barat.*

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ely Kurniawati

Berita Terkini