Ratusan Siswa SMA di Jabar Antusias Ikuti Sosialisasi Program Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia

Ratusan Siswa SMA di Jabar Antusias Ikuti Sosialisasi Program Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia

TERASBANDUNG.COM - Ratusan perwakilan SMA/SMK/sederajat antusias mengikuti sosialisasi program beasiswa ikatan dinas Pos Indonesia yang digelar Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) secara daring.

Sosialisasi yang dilakukan Selasa 6 Februari 2024 ini dihadiri Rektor ULBI Dr. Prety Diawati, perwakilan Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) Kiagus M Amran, perwakilan Pos Indonesia Arief Mahpud, Kepala Bidang (Kabid) Guru Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Jawa Barat Diah Restu Susanti, dan lainnya.

Rektor ULBI Dr. Prety Diawati mengatakan program ini menjadi tonggak bagi calon dan mahasiswa ULBI untuk meraih kesempatan menjadi bagian dari PT Pos Indonesia (Persero) melalui ikatan dinas yang telah dirancang dengan cermat.

“Tahun ini kami kembali dipercaya Pos Indonesia untuk membuka program ikatan dinas di Pos Indonesia. Kami diminta oleh Dirut Pos Indonesia untuk mencari calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Karena nanti mahasiswa tersebut akan mendapatkan beasiswa sejak awal semester,” jelas dia.

Menurut Prety, program beasiswa ikatan dinas ini adalah upaya ULBI membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul. ULBI dan PT Pos Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada generasi muda melalui program program yang inovatif.

Terdapat dua program utama beasiswa ikatan dinas ini, yaitu Program Khusus dan Beasiswa Ikatan Dinas Calon Pegawai dan Program Rekrutmen Ikatan Dinas PoslD: Khusus bagi mahasiswa aktif ULBI.

Peraih Program Khusus dan Beasiswa Ikatan Dinas Calon Pegawai akan mendapatkan beasiswa penuh (DPP + SPP) dari Semester Pertama hingga Lulus. Berlaku untuk pendaftar untuk Tahun Akademik 2024/2025. Kemudian telah lulus seleksi di salah satu jalur pendaftaran reguler (Undangan/Raport/CBT/UTBK/Mandiri). Serta, mengikuti tes seleksi khusus (TPA, Psikotes, Tes Kesehatan & Wawancara) dari PT Pos Indonesia (Persero).

Sedangkan Program Rekrutmen Ikatan Dinas PoslD, Khusus bagi mahasiswa aktif ULBI. Perekrutan dan Seleksi dilakukan pada Semester 5 untuk Program Diploma Il dan di Semester 7 untuk Program S1 Terapan atau S11 Strata-1. Peserta mengikuti tes seleksi khusus (TPA, Psikotes, Tes Kesehatan & Wawancara) dari PT Pos Indonesia (Persero).

Menurut dia, tersedia kuota 100 beasiswa untuk kedua program tersebut. Nantinya, mahasiswa peraih beasiswa akan diarahkan kepada jurusan sesuai kebutuhan Pos Indonesia.

Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia Asih Kurniasari Komar mengatakan, program ini menjadi momentum penting dalam menawarkan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan program beasiswa dan ikatan dinas Pos indonesia.

“Kami percaya program ikatan dinas ini akan menjadi landasan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka dalam industri logistik, bisnis dan manajemen rantai pasok, serta berkontribusi secara langsung terhadap pengembangan Pos Indonesia,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) Kiagus M Amran mengatakan, ULBI berkomitmen mencetak SDM unggul pada bidang logistik, melihat porensi pertumbuhan logistik hingga Rp3.400 triliun. Indonesia terdiri atas pulau, sehingga perlu pengiriman secara efektif.

“Mahasiswa lulusan program beasiswa ini nantinya akan ditempatkan di seluruh Indonesia,” katanya.

Diketahui, ULBI memiliki 16 Program Studi yang berada dalam 2 fakultas yaitu sekolah vokasi dan Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis. Dengan integrasi 16 Program Studi yang mendukung bidang Logistik, Bisnis, dan Supply Chain Management, ULBI menjadi unik dan memberikan keunggulan kompetitif kepada para lulusan untuk bersaing di dunia kerja. Mahasiswa ULBI akan mendapatkan sertifikat kompetensi, bahasa Inggris, serta Microsoft Office.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini