Goes to Campus, PLN Berbagi Pengetahuan tentang K3 dan Ketenagalistrikan

Goes to Campus, PLN Berbagi Pengetahuan tentang K3 dan Ketenagalistrikan

TERASBANDUNG.COM - Semarak PLN dalam memperingati Bulan K3 Nasional turut dilakukan PLN melalui UPT Bandung dalam penyampaian kuliah umum di Kampus STT Mandala, Bandung.

Di kegiatan tersebut, Manager Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (MULTG) Bandung Timur Indra Syamsu berkesempatan menyampaikan materi dengan topik Keamanan, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) serta materi Ketenagalistrikan di Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Listrik.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah Tejo Wihardiyono mengatakan, rangkaian kegiatan Bulan K3 ini menjadi komitmen PLN untuk terus menjalankan dan meningkatkan budaya K3 dalam proses bisnis kelistrikan.

“Bulan K3 Nasional ini menjadi momentum untuk terus meningkatkan kepatuhan atas keselamatan dan kesehatan kerja sehingga aspek K3 tidak hanya menjadi standar operating procedure (SOP) tetapi menjadi sebuah kultur perusahaan,” kata Tejo.

Dalam kegiatan kuliah umum tersebut, Indra Syamsu berkesempatan menyampaikan 2 materi. Materi pertama terkait sistem kelistrikan transmisi SUTT/SUTET di wilayah Bandung Raya, kemudian dilanjutkan materi kedua tentang Sosialisasi K3 dan Lingkungan di wilayah kerja ULTG Bandung Timur.

“Materi yang kita paparkan pada kuliah umum di STT Mandala Bandung ini fungsinya untuk melengkapi pengetahuan level akademis, sehingga mahasiswa yang mengambil program studi Teknik Elektro memiliki gambaran dan pengetahuan tentang sistem kelistrikan di wilayah Bandung Raya serta memiliki dasar pengetahuan K3 untuk menjadi pedoman pada saat bekerja nanti,” ungkap Indra.

Sementara itu, Ketua Pembantu Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Kuliah Umum Bulan K3, Samun Haris mengatakan, keterlibatan dan partisipasi PLN UPT Bandung dalam kegiatan kuliah umum di STT Mandala Bandung ini memancing minat dan antusiasme mahasiswa. Ia juga menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi PLN memberikan kuliah umum dalam rangka Bulan K3.

“Mahasiswa kami sangat antusias dalam mengikuti kuliah umum ini, tentunya dengan narasumber yang tidak diragukan lagi kompetensinya di bidang K3 Ketenagalistrikan khususnya,” katanya.

Samun Haris dalam kuliah umum juga mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah memberikan kuliah umum dan memperkenalkan proses bisnis perusahaan kepada mahasiswa STT Mandala.

“Kami sangat berterimakasih kepada PLN atas kolaborasinya dalam kuliah umum tentang K3 ini sehingga dapat menambah pengetahuan para mahasiswa dibidang ketenagalistrikan,” pungkas Samun.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini