Pj Gubernur Jabar dan Wali Kota Bandung Ucapkan Belasungkawa atas Berpulangnya Solihin GP

Pj Gubernur Jabar dan Wali Kota Bandung Ucapkan Belasungkawa atas Berpulangnya Solihin GP Mantan Gubernur Jawa Barat, Solihin GP meninggal dunia, Selasa, (5/3/2024) (Sumber: Instagram/jusufkalla)

TERASBANDUNG.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan dan Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, menyatakan bela sungkawa atas wafatnya mantan Gubernur Jawa Barat dan mantan Perwira Kodam III Siliwangi Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara, Selasa (5/3/2024).

Bey Machmudin mengunjungi rumah duka mantan Gubernur Jawa Barat Letnan Jenderal (Purn) Solihin Gautama Purwanegara atau yang akrab dikenal dengan Solihin GP di Jalan Cisitu Indah, Dago, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).

Almarhum Solihin GP berpulang dalam usia 97 tahun di Rumah Sakit Advent, Kota Bandung, Selasa (5/3) dini hari, pukul 03.09 WIB.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, saya atas nama Pemprov Jabar dan warga Jawa Barat menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya Mang Ihin. Saya doakan almarhum meninggal dalam husnulkhatimah dan diterima seluruh amalnya serta mendapat tempat yang mulia di sisi Allah subhanahu wa taala," kata Bey di rumah duka, seperti dilansir melalui laman resmi Jabarprov.go.id.

Baca Juga : Marhaban Ya Ramadhan, 5 Tips Persiapkan Diri Berpuasa

Solihin GP merupakan Gubernur Jabar periode 1970-1975. Ia juga pernah menjabat sebagai anggota MPR pada tahun 1998.

"Beliau Gubernur Jawa Barat periode 1970- 1975, walaupun sudah lama, tapi kita tetap kenang jasa-jasa beliau sebagai gubernur dan saya rasa kita semua tahu bahwa almarhum adalah tokoh besar Jawa Barat dan tokoh nasional. Banyak yang kehilangan atas berpulangnya Pak Solihin GP," kata Bey.

Bey mengatakan, Solihin GP merupakan sosok negarawan, tokoh yang selalu memikirkan kemajuan bangsa walau di usia senjanya.

"Saya bersama Presiden Jokowi pernah menemui Pak Solihin, dan waktu itu almarhun menitipkan revitalisasi DAS Citarum. Beliau walaupun usia sepuh tetap memikirkan kepentingan bangsa dan negara," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, warga Kota Bandung yang sangat mengenal sosok Solihin GP dipastikan merasa kehilangan saat kabar wafatnya mantan Gubernur Jawa Barat tersebut tersiar di pagi ini.

"Saya atas nama warga Kota Bandung mengucapkan belasungkawa yang sebesar besarnya hari ini senior kita, tokoh kita, Alhamrhum pak Solihin GP, meninggal dan kami warga Kota Bandung mendoakan semoga almarhum husnul khatimah." Demikian kata Bambang di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Selasa pagi.

Baca Juga : Bacaan Doa Keramas Sebelum Berpuasa di Bulan Ramadan

Lebih lanjut Bambang mengatakan, Solihin GP membawa banyak perubahan untuk Kota Bandung selama memimpin Jawa Barat.

"Lewat pengalaman beliau, mampu membawa nama Jawa Barat, Kota Bandung bisa seperti sekarang ini adalah karya beliau," sebut Bambang.

Selain itu, Bambang mengatakan almarhum Solihin GP selalu berpesan agar birokrasi dan pelayanan publik terus ditingkatkan untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Kami semua di unsur pemerintahan banyak belajar dari beliau, apa yang harus kita tingkatkan mulai dari pelayanan publik kita, serta pembangunan masyarakat, harus jauh lebih baik, " tandas dia.

Baca Juga : 5 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur, Sudah Kamu Lakukan?

Setelah disemayamkan di rumah duka, Jalan Cisitu Indah, Coblong, Kota Bandung, jenazah Solihin GP kemudian disemayamkan kembali di Markas Komando II Kodam III Siliwangi, Jalan Sumbawa, Kota Bandung.

Rencananya, jenazah Solihin GP akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Kota Bandung.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini