Meski Tanpa Penonton, Ribuan Personel Gabungan Tetap Amankan Laga Persib vs Persija

Meski Tanpa Penonton, Ribuan Personel Gabungan Tetap Amankan Laga Persib vs Persija Persiapan pengamanan laga Persib vs Persija di Stadion si Jalak Harupat. (Foto: Istimewa)

TERASBANDUNG.COM - Ribuan personel gabungan dikerahkan dalam untuk mengamankan laga Persib Bandung vs Persija Jakarta pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta tersebut berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sabtu (9/3/2024).

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan meski tanpa penonton, ribuan personel gabungan tersebut akan disebar kebeberapa titik di dalam maupun di luar Stadion Si Jalak Harupat.

"Total ada 1.300 personel gabungan, yang terdiri dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP," kata Kusworo, dalam keterangannya, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga : Jelang Ramadan Pangan Strategis Surplus, Sejumlah Hal Harus Diantisipasi

"Meski tanpa penonton, personel pengamanan ini akan kami tempatkan di semua area yang ada di seputaran Stadion Si Jalak Harupat," sambungnya.

Dia menambahkan, mekanisme pengamanan yang dilakukan adalah, kedua tim akan dikawal ketat dari mulai hotel menuju kelokasi pertandingan.

"Selama pertandingan pun personil keamanan akan terus mengamankan sampai dengan pertandingan, kami akan kawal sampai dengan titik akhir daripada para pemain," ujarnya.

Lebih lanjut, mengantisipasi adanya suporter yang memaksa datang ke Stadion Si Jalak Harupat, Kusworo menjelaskan pintu gerbang, baik gerbang Utara, Tengah maupun Selatan akan dijaga ketat oleh personel dan steward dari panitia pelaksana.

Baca Juga : Mentorship Program Mitra Bukalapak Dukung Transformasi Warung Jadi Ritel Modern

"Kemudian pintu tribun di Stadion Si Jalak Harupat akan digembok agar para penonton tidak bisa masuk," jelasnya.

"Pastinya tidak kami perbolehkan masuk, kami akan arahkan untuk pulang. Karena masuk kedalam gerbang Stadion Si Jalak Harupat pun tidak bisa masuk ke tribun, karena pintu tribunnya akan digembok," tegasnya.

Pada kesempatan itu, dia mengimbau kepada seluruh suporter tuan rumah (bobotoh) untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta melalui televisi di rumah masing-masing.

Baca Juga : Urban Features, Panggung Generasi Muda Jadi Aktor Transformasi Sistem Ketahanan Pangan

Diketahui, pertandingan tanpa penonton tersebut berdasarkan Sidang Komisi Disiplin Nomor 191 tanggal 1 Maret 2024 yang dikuatkan oleh komisi banding pada 7 Maret 2024, diputuskan bahwa pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta digelar tanpa penonton.

Penolakan banding tersebut, lantaran telah terjadinya kericuhan dan ketidakprofesionalan panitia pelaksana (panpel) pada laga Persib Bandung vs PSIS Semarang minggu lalu.

Panitia pelaksana masih nekat menjual tiket kepada suporter tim tamu (PSIS Semarang), sehingga menimbulkan kericuhan, baik di dalam maupun diluar Stadion Si Jalak Harupat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini