Cegah Tower Roboh, PLN Gerak Cepat Dirikan Tower Darurat

Cegah Tower Roboh, PLN Gerak Cepat Dirikan Tower Darurat PLN makin gencar memastikan pasokan listrik untuk seluruh wilayah dapat tersalurkan dengan andal. (IST)

TERASBANDUNG.COM - Menyongsong hari Raya Idulfitri beberapa hari mendatang, PLN makin gencar memastikan pasokan listrik untuk seluruh wilayah dapat tersalurkan dengan andal.

Inspeksi dan perbaikan terus dilakukan, salah satunya pada Tower 182 SUTT 150 kV Tasik – Depok yang berlokasi di, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Tim PLN gerak cepat, menerjunkan personil gabungan UPT Bandung guna melakukan penanganan pada tower 182 yang mengalami kondisi kritis akibat pergeseran struktur tanah.

Manager UPT Bandung, Muh Taufik A mengatakan, pekerjaan ini menjadi bentuk upaya preventif yang dilakukan untuk mencegah terjadinya potensi tower roboh akibat kondisi kaki tower yang mengalami pergeseran struktur tanah.

Baca Juga : PJ Wali Kota Bandung Pastikan 41 Rumah Sakit Siap Tangani Kenaikan Kasus DBD

“SUTET 500 kV Tasik – Depok merupakan jalur strategis yang memasok listrik untuk sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Barat. Penanganannya kami upayakan secepat mungkin, untuk memastikan pasokan listrik tetap andal melalui pendirian tower emergency dan pembangunan tower baru T.182,” terang Taufik

Taufik menambahkan, pendirian tower darurat atau tower ERS (emergency recovery system_red) ini merupakan mitigasi jangka pendek yang perannya mengambil alih sementara fungsi dari Tower 182 yang berada dalam kondisi kritis akibat pergerakan tanah.

Parallel dengan hal tersebut, PLN juga melakukan pembangunan tower baru untuk merelokasi tower eksisting T.182 yang berada dalam kondisi kritis.

Sementara itu, General Manager PLN UIT JBT, Tejo Wihardiyono mengatakan, penanganan tower kritis melalui pendirian tower emergency ini tidak akan menganggu pasokan listrik ke pelanggan.

“Pendirian tower emergency ini tidak akan berdampak pada kontinuitas penyaluran listrik kepada masyarakat. PLN telah melakukan pengaturan system operasi, sehingga tidak menganggu pasokan listrik ke masyarakat,” terang Tejo.

Baca Juga : Pemkot Bandung Gerak Cepat Tanggulangi Tren Kenaikan Kasus DBD

Saat ini, tim PLN tengah mengupayakan pembangunan tower baru untuk merelokasi tower eksisting.

Meski dihadapkan dengan tantangan berupa kondisi cuaca yang tidak menentu dan medan lokasi yang cukup ekstrim, Tim PLN tetap bergerak cepat menyelesaikan penanganan tower kritis sesuai target.**

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini