Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja, Jangan Dilarang!

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja, Jangan Dilarang! Musik dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Banyaknya waktu dihabiskan untuk bekerja, dan sebagian besar pekerjaan membutuhkan komputer, musik telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tugas sehari-hari.

Bahkan, banyak orang mengaku, mereka mencoba mendengarkan musik saat merasa mulai kehilangan fokus ketika bekerja.

Mendengarkan musik saat bekerja bisa meningkatkan produktivitas. Beberapa penelitian yang lebih baru juga mengatakan bahwa sebetulnya, peningkatan produktivitas terjadi bukan karena mendengarkan musik secara langsung, tetapi karena peningkatan mood yang terjadi saat mendengarkan musik tersebut.

Baca Juga : Kota Bandung Kini Punya Kedai Minum Rempah Indonesia, Cocok Untuk Anak Muda yang Jompoan

Sebenarnya, apa saja manfaat mendengarkan musik saat bekerja? Berikut di antaranya:

- Mendengarkan musik di tempat kerja sebaiknya dibatasi hanya sekitar 15-30 menit, guna mengembalikan konsentrasi yang mungkin sempat buyar serta meningkatkan produktivitas.

Selain itu, hal ini juga akan membuka peluang bagi Anda untuk bersosialisasi dengan teman-teman sekantor.

- Terapkan metode 60-60, yakni mengontrol intensitas volume musik hingga maksimal 60 persen dan mendengarkan musik tidak lebih dari 60 menit. Hal ini untuk mencegah gangguan pendengaran akibat penggunaan

- Menggunakan headphoneyang besar lebih dianjurkan, sehingga suara lebih terdistribusi dan lebih menutup suara bising dari luar dibandingkan earphone yang kecil.

Selanjutnya, seperti dilansir melalui laman Riliv, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mendengarkan musik ketika sedang bekerja.

Baca Juga : Ini Strategi yang Disiapkan Pemkot Bandung Untuk Sukseskan Braga Free Vehicle

1. Mengurangi stres kerja

Hidup sudah cukup penuh stres dengan tanggung jawab di dalam dan di luar tempat kerja. Ketika karyawan menggabungkan tugas pekerjaan dan tenggat waktu ke dalamnya, stres bisa menjadi lebih parah.

Namun, mendengarkan lagu favorit atau lagu dari artis favorit dapat berdampak positif pada stres dan kecemasan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat memiliki efek menenangkan detak jantung, tekanan darah, dan juga melepaskan hormon penurun stres di otak.

2. Meningkatkan produktivitas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa 79% karyawan dapat meningkatkan produktivitas pribadi mereka jika bekerja sambil mendengarkan musik.

Studi yang dilakukan pada 2016 juga menunjukkan bahwa dari karyawan yang diperbolehkan mendengarkan musik di tempat kerja, 59% di antaranya mengatakan bahwa itu bermanfaat untuk kesehatan mental mereka.

Karyawan yang tidak terlalu stres dan secara keseluruhan lebih bahagia dalam pekerjaannya, lebih cenderung menunjukkan inisiatif dan produktivitas.

Mereka juga jadi ingin bekerja lebih keras untuk perusahaan yang mempromosikan kesejahteraan mereka.

3. Musik dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik

Tidak semua orang bisa memiliki suasana hati yang baik saat mengawali hari. Karyawan Anda tentu saja pernah datang ke kantor dan memulai pekerjaan dengan mood buruk, yang membuatnya merasa kekurangan tenaga untuk bekerja.

Untungnya, ada zat kimia yang dapat dilepaskan di otak, yang disebut dopamin, yang mampu menghidupkan kembali suasana hati yang baik.

Salah satu cara agar karyawan Anda mengalami hal tersebut adalah dengan membiarkan mereka mendengarkan musik favoritnya saat bekerja.

Baca Juga : PT LIB Rilis Jadwal Terbaru Championship Series Liga 1 2023/2024

4. Meningkatkan fokus karyawan

Ada orang yang membutuhkan keheningan untuk berkonsentrasi, tetapi tidak sedikit oran yang butuh mendengarkan lagu agar bisa lebih fokus dengan apa yang dikerjakannya. Itulah mengapa musik disebut dapat meningkatkan fokus karyawan saat bekerja.

Lagu yang dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus memang berbeda-beda, tetapi dikatakan bahwa musik klasik bisa menjadi genre terbaik untuk didengarkan saat mencoba berkonsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan.

5. Memberikan Motivasi Positif dalam Bekerja

Manfaat yang keempat adalah memberikan motivasi positif dalam bekerja. Motivasi positif ini dapat muncul dari mana saja, termasuk dari aktivitas mendengarkan musik.

Mungkin saja dengan mendengarkan musik, kamu akan termotivasi untuk melakukan sebuah ide kreatif tertentu.

Munculnya motivasi positif saat kamu mendengarkan musik sambil bekerja tentu akan mempengaruhi kinerjamu juga.

Jika ide yang kamu miliki cukup bagus, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan apresiasi istimewa dari atasanmu.

Itulah tips dan manfaat mendengarkan musik ketika bekerja. Dengan memperhatikan tips di atas, kamu akan lebih mudah untuk memetik manfaat dari mendengarkan musik.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini