Cek Dulu Kandungan Nutrisinya Sebelum Konsumsi Mie Instan

Cek Dulu Kandungan Nutrisinya Sebelum Konsumsi Mie Instan Mie Instan (Honestdocs.id)

TERASBANDUNG.COM - Mie instan memiliki banyak jenis dan merek, namun sebagian besar mie instan cenderung mengandung rendah kalori, serat, protein dan mengandung tinggi lemak, karbohidrat, sodium dan mikronutrien.

Karena itu, mie instan seringkali dicap tidak sehat oleh sebagian orang. Padahal, jika diolah dengan tepat, risiko kesehatan yang didapat bisa diminimalisasi, dan mie instan yang dikonsumsi bernilai lebih sehat.

Umumnya, orang-orang cenderung mengolah mie instan sesuai petunjuk kemasan karena cepat dan mudah. Mie instan juga berulang kali dituduh sebagai penyebab beberapa gangguan pencernaan.

Baca Juga : Bandros Tawarkan Inovasi Wisata dan Edukasi Sejarah Kota Bandung

Mie instan tetap boleh dikonsumsi namun tidak berlebihan. Makanan apapun termasuk mie instan jika dikonsumsi berlebih, tentu akan menimbulkan efek samping.

Sebungkus mie instan mengandung 380 kalori. Jika pada saat memasak ditambahkan beberapa bahan makanan lain, maka kalori yang masuk ke tubuh bisa hingga 600 kalori.

Seperti dikutip dari Rsinamira, asupan kalori yang terlalu tinggi ini dapat sebabkan gangguan kardiovaskular dan diabetes.

Kemudian, nilai nutrisi seperti protein dalam seporsi mie instan juga sangat rendah, namun juga memiliki lemak yang tinggi. Maka dari itu, seporsi mie instan tidak akan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Selain makronutrisi tersebut, kandungan mikronutrisi berlebih seperti natrium dalam mie instan juga cukup tinggi.

Baca Juga : Mojang Kota Bandung, Harashta Haifa Zahra Juara Miss Supranational 2024

Satu mie instan mengandung 1,07 gram natrium, angka ini jelas jauh lebih tinggi daripada konsumsi makanan yang seimbang dan bernutrisi.

Baca Label Nutrisi Terlebih Dahulu

Sesekali konsumsi mie instan tetap diperbolehkan. Sebisa mungkin, olah mie dengan cara yang sehat atau menambahkan bahan makanan sehat ke dalam porsi mie instan tersebut.

Sebelum membuat mie instan, upayakan membaca informasi gizi yang tertera dalam kemasan mie.

Agar kita dapat mengetahui batasan konsumsinya. Hal ini sangat penting untuk menjaga asupan kalori harian kita.

Kemudian, jangan abaikan kondisi tubuh sebelum konsumsi mie. Jika Anda memiliki masalah hipertensi, maka perlu berhati-hati dalam mengonsumsi mie.

Karena, kandungan natrium dalam mie instan yang cukup tinggi dapat memicu efek samping.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini