Sering Alami Migrain? Segera Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Sering Alami Migrain? Segera Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Ilustrasi. (Foto: hellosehat.com)

TERASBANDUNG.COM - Migrain adalah sakit kepala yang dapat menyebabkan nyeri, berdenyut parah, atau sensasi berdenyut yang biasanya terjadi di satu sisi kepala.

Serangan migrain bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari dan rasa sakitnya bisa sangat parah sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa penyebab migrain seperti perubahan hormon pada perempuan, stres, stimulus sensorik seperti lampu terang atau berkedip, bau menyengat seperti parfum atau cat, perubahan pola tidur, serta minuman dan makanan.

Baca Juga : Daftar 50 Anggota DPRD Kota Bandung 2024-2029 yang Telah Dilantik

Sejumlah makanan dan minuman disebut dapat memicu migrain atau sakit kepala. Pemicunya terutama kandungan di dalamnya, seperti tiramin dan alkohol.

Karena itu, saat migrain terjadi, kamu harus menghindari beberapa asupan makanan dan minuman tertentu agar tidak berlarut sakit kepala.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari.

1. Daging Olahan

Siapa sih diantara kamu yang nggak suka makan sosis atau ham atau bakso? Namun nyatanya, makanan daging olahan ini dapat memicu migrain karena memiliki kandungan nitrat dan nitrit sebagai pengawet yang dapat memperlebar pembuluh darah.

Makanan ini akan mengeluarkan nitrogen monoksida yang dapat masuk ke dalam aliran darah yang dapat menyebar pada otak sehingga dapat memicu migrain pada beberapa orang.

2. Jeruk

Salah satu buah yang memiliki kandungan kaya akan vitamin C, jeruk, ternyata harus dihindari ketika mengalami migrain.

Jeruk memiliki kandungan tiramin, sehingga kamu juga harus berhati-hati ketika akan mengonsumsinya, jangan terlalu banyak dan sering. Setidaknya kamu harus membatasinya dengan tidak mengonsumsi lebih dari 64 gram per hari.

Baca Juga : Ini Dia 5 Buku Bersejarah Tentang Kekayaan dan Keindahan Kota Bandung

3. Keju Tua

Keju memiliki kandungan kalsium, vitamin A, dan protein yang baik untuk tubuh, tapi apabila yang kamu konsumsi adalah keju tua atau keju yang sudah disimpan terlalu lama akan menyebabkan migrain semakin berlarut.

Keju tua yang memiliki tekstur keras dan mengalami fermentasi selama berbulan-bulan rasa gurihnya akan semakin kuat. Lalu keju yang seperti ini pun mengandung tyramine, seperti gouda, feta, dan gruyere yang semakin tinggi.

Kandungan tersebut dapat memicu sakit kepala berlebihan dan jenis keju, seperti keju edam atau keju parmesan sebaiknya jangan terlalu banyak dikonsumsi.

4. Makanan dengan Kandungan MSG

Kini banyak sekali makanan yang memiliki kandungan msg atau monosodium glutamate. Kandungan ini biasanya digunakan untuk memberikan rasa gurih yang kuat.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan msg dapat memicu kecanduan, bahkan hal ini juga dapat memicu sakit kepala hingga migrain yang cukup parah.

Oleh karena itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan msg yang tinggi.

5. Kafein

Mengonsumsi kafein memang membuat seseorang lebih berenergi dan dapat menahan rasa kantuk. Namun, apabila terlalu banyak mengonsumsinya hal tersebut akan membuatmu sakit kepala.

Jenis minuman kafein, yakni kopi, teh, dan minuman bersoda. Jika kamu ingin mengonsumsinya boleh, tapi jangan terlalu berlebihan.

Lalu, apabila kamu memang sudah sering mengalami migrain, ada baiknya untuk mengurangi atau menghindari minuman berkafein.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini