GGM Siap Wadahi Aktivitas dan Kreativitas Generasi Muda di Kota Bandung

GGM Siap Wadahi Aktivitas dan Kreativitas Generasi Muda di Kota Bandung

TERASBANDUNG.COM - Gelanggang Generasi Muda (GGM) merupakan gedung sarana dan prasarana untuk kegiatan-kegiatan kepemudaan, pembinaan, dan pengembangan bakat serta minat generasi muda, khususnya di Kota Bandung.

Gedung empat lantai ini, dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung yang memiliki tugas pokok melaksanakan tugas Dispora Kota Bandung di bidang pengelolaan Gelanggang Kepemudaan dan Sarana Olahraga.

Kepala UPT Gelanggang Generasi Muda (GGM) Kota Bandung Suryana mengemukakan hingga saat ini terdapat 28 kegiatan yang terbagi kedalam bidang seni budaya dan bidang olahraga yang beraktivitas di gedung yang terletak di Jalan Merdeka No. 64 Kota Bandung itu.

Dia merinci, sejumlah kegiatan di bidang olahraga yang beraktivitas di GGM, adalah karate, kungfu, taekwondo, aikido, jujitsu, panahan, dan lainnya.

Di bidang seni, kegiatan yang dilakukan seperti tarian sunda, tari bali, tari lain, teater, vokal, gitar, drum, dan lainnya.

Sementara itu, di bidang bahasa, ada pelatihan tiga bahasa yang digelar di GGM, yakni Bahasa Jepang, Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman.

"GGM ini bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kepemudaan dan olahraga agar tercapainya tujuan kualitas pemuda Kota Bandung yang unggul dan berya saing tinggi," kata Suryana, Kamis 29 Agustus 2024.

Dia mengemukakan, GGM dilengkapi sejumlah fasilitas agar semakin nyaman digunakan, seperti lahan parkir, ruang meeting, aula yang dapat menampung hingga 100 orang, hingga 18 kamar pondok pemuda atau wisma tipe kamar standar.

Gedung Gelanggang Generasi Muda ini merupakan salah satu bentuk sejarah Kota Bandung pada era kepeminpinan Bapak Otje Djundjunan, sehingga Aula Utama Gedung GGM ini diberi nama Aula R. Otje Djundjunans ebagai bentuk penghormatan.

"Gelanggang Generasi Muda memiliki visi membina generasi muda sebagai tunas-tunas bangsa yang berkualitas, maju, mandiri, profesional dan demokratis serta berkepribadian," tuturnya.

Untuk mencapai visi tersebut, lanjut Suryana, sejumlah misi yang dijalankan GGM di antaranya melaksanakan pembinaan sumber daya manusia melalui pengembangan, peningkatan dan penyaluran bakat, minat kreasi dan aktivitas generasi muda.

Selain itu, misi yang dijalankan adalah meningkatkan pemberdayaan generasi muda melalui dorongan, bimbingan, kesempatan, pendidikan, pelatihan sehingga memiliki kemampuan untuk tumbuh sehat, maju, madiri, bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Yang ketiga, misi yang dilakukan GGM adalah mewujudkan iklim yang kondusif dan efektif bagi tumbuh dan berkembangnya generasi muda sebagai generasi pewaris penerus insan pembangunan yang berkelanjutan.

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini