Dinas KUK Jabar Gelar Mumtaz Fest dan West Java Modest Fashion 2024

Dinas KUK Jabar Gelar Mumtaz Fest dan West Java Modest Fashion 2024

TERASBANDUNG.COM - Pemprov Jabar melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi kembali menggelar Mumtaz Festival 2024 dan West Java Modest Fashion (WJMF) 2024.

Kegiatan ini digelar mulai 30 Agustus - 1 September 2024 di Masjid Raya Al-Jabbar, Jl. Cimincrang No.14, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas KUK Jabar Rachmat Taufik Garsadi mengatakan provinsi ini dikenal dengan ekonomi kreatifnya yang tumbuh dengan cepat dan inovatif.

Ekonomi kreatif berperan besar bagi perekonomian Jawa Barat bahkan nasional karena ditunjang oleh besarnya jumlah penduduk dan fasilitas yang menunjang.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi kreatif ini membuat Provinsi Jabar memberikan kontribusi terbesar terhadap ekspor nasional pada Januari – Juni 2021 yang mencapai US$16,08 miliar atau 15,63 persen dari total ekspor nasional.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi kreatif dan UMKM Jabar tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Kabupaten Kota yang terus menggenjot para pelaku usaha untuk berkembang.

Berbagai bisnis UMKM diladeni penduduk di berbagai daerah Jawa Barat. Di antaranya produk mode, kuliner, destinasi wisata, dan cendera mata. Regulasi pemerintah setempat juga turut mendorong peningkatan skala usaha produk lokal. Namun masih banyak para pelaku Usaha yang belum mengetahui akan fasilitasi-fasilitasi yang sedianya dimanfaatkan oleh para pelaku usaha.

"Mumtaz Fest dan WJMF 2024 merupakan bentuk dukungan dari berbagai sisi termasuk pemerintah pusat dan daerah menjadi tonggak utama pemulihan ekonomi, sebagai bentuk apresiasi serta dukungan terhadap perkembangan UMKM," katanya, Jumat 30 AAgustus 2024.

Mumtaz Festival 2024, yang diselenggarakan dalam rangka Memperingati Bulan Muharram 1446 H dan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Barat diikuti oleh berbagai pelaku usaha UMKM Mitra Binaan OPD di Jawa Barat dengan berbagai produk-produk unggulan diantaranya Kerajinan, Fashion, Aksesoris, dan Kuliner dengan kualitas terbaik, sebagai wujud kebanggan serta dukungan penuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Mumtaz Festival telah dilaksanakan dalam 2 tahun terakhir. Melihat potensi besar tersebut pada penyelenggaraannya, di 2024 ini Mumtaz Festival akan hadir sebagai sebuah event yang mendukung Jawa Barat sebagai pusat Modest Fashion Nasional bahkan Dunia yakni West Java Modest Fashion (WJMF) 2024.

Sebagai negara yang memiliki populasi muslim terbesar kedua di dunia dan keanekaragaman wastra dari berbagai daerah, Jawa Barat memiliki modal yang besar untuk memenangkan kompetisi pasar modest fashion (busana yang sopan dan tertutup) baik di tingkat lokal maupun global.

Hal ini juga didukung oleh pernyataan Presiden Joko Widodo, pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2021 yang menyatakan Indonesia berpotensi sebagai pusat industri halal dunia, khususnya industri fesyen. Presiden Indonesia juga memberikan arahan agar Indonesia menjadi pusat modest fashion dunia pada tahun 2024.

Berdasarkan laporan dari State of Global Islamic Economic Report 2023, tingkat konsumsi masyarakat muslim dunia mencapai USD 2,29 triliun di tahun 2022 yang terserap di sektor makanan, farmasi, kosmetik, fesyen, perjalanan dan media/rekreasi halal. Tingkat konsumsi tersebut diproyeksikan terus meningkat hingga mencapai USD 3,1 triliun pada tahun hingga 2027 dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 4,8%. Sementara itu, berkaitan dengan sektor fesyen, Indonesia telah menunjukkan perkembangan dan menduduki peringkat ke-3 pada sektor modest fashion.

Melihat arah dari kebijakan Pusat maka Jawa Barat perlu memperkuat branding modest fashion di Indonesia, melahirkan desainer dan brand yang dikenal baik di tingkat lokal maupun internasional. Dalam rangka road to Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat akan melibatkan seluruh stakeholder modest fashion dalam MUMTAZ FESTIVAL 2024 ini sebagai upaya mendukung pengembangan ekosistem Modest Fashion di Jawa Barat.

Tujuan digelarnya Mumtaz Fest dan WJMF 2024, sebagai peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-79 dan Sarana untuk memperkenalkan & mempromosikan Produk-Produk Unggulan UMKM di Provinsi Jawa Barat. Harapannya, melalui kegiatan ini akan meningkatkan promosi dan pemasaran selama dan sesudah pameran.

Selain itu, juga sebagai ajang untuk meningkatkan daya saing produk UMKM serta menjadi event untuk membangun ekosistem modest fashion di Jawa Barat dalam rangka road to Indonesia sebagai Pusat Modest Fashion Dunia.

Dinas KUK Jabar berharap melalui kegiatan ini terjalin kerja sama bisnis antara pelaku usaha dengan pelaku usaha lain dan konsumen-konsumen, meningkatnya branding, link dan networking yang semakin luas dalam pemasaran produk-produk yang dihasilkan, Meningkatnya transaksi atau jual beli selama pameran dan sesudah pameran, Meningkatnya kesejahteraan para pelaku usaha.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini