TERASBANDUNG.COM - Keutamaan hari Jumat ada banyak sekali yang bisa memberikan keberkahan bagi umat muslim, termasuk kegiatan bersih-bersih dan berhias juga ada sunahnya.

Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Naskah Khutbah Jumat Terbaru 23 September 2022: Mari Hemat BBM!

Sudah jelas tertera pada hadits di atas, bagi pria khususnya, jika mandi dengan keramas, berhias dengan merapikan rambut dan memakai minyak wangi sampai memasuki mesjid untuk salat Jumat lalu mendengarkan dengan seksama khutbah yang sedang berjalan maka dosa-dosanya akan diampuni.

Begitupun dengan merawat kesehatan gigi dan mulut, ini merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh yang perlu diperhatikan sejak usia dini bahkan semasih dalam kandungan.

Masalah Kesehatan gigi dan rongga mulut sangat terkait dengan berbagai penyakit, gangguan pencernaan, status gizi, manifestasi penyakit sistemik/penyakit tidak menular, dan bisa menjadi fokus infection/sumber infeksi keseluruh bagian tubuh lainnya.

Baca Juga : Teks Khutbah Jumat Terbaru 23 September 2022 dengan Tema Islam Melarang Bullying atau Perundungan

Khusus untuk anak masalah gigi dan mulut dapat mengganggu konsentrasi belajar anak anak kita.

Maka perlu upaya mencegah kerusakan gigi pada anak anak kita dengan cara:

1. Menggosok gigi 2 kali sehari ( sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur).

2. Pakailah pasta gigi yg mengandung fluoride.

3. Hindari makan makanan yg manis manis dan lengket.

4. Periksalah gigi anak2 kita minimal 6 bulan sekali.

5. Makan makanan yang bergizi terutama sayur dan buah buahan.

Ayo jaga dan rawat gigi kita, karena dengan gigi yang sehat, lidah yang bersih, dan senyum yang indah adalah semua yang dibutuhkan untuk mewujudkan Indonesia pulih dan bangkit lebih maju.***