TERASBANDUNG.COM - Tak hanya rasanya yang lezat, Belut juga kaya akan nutrisi penting yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Karena itu, Belut kerap dikonsumsi di berbagai negara, termasuk Indonesia, Jepang, dan beberapa negara di Eropa.

Melansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat mengonsumsi belut:

Baca Juga : Cegah Importasi Virus Mpox, Menkes Akan Aktifkan Kembali Pedulilindungi

1. Menjaga kesehatan jantung

Asam lemak omega-3 dalam belut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dari khasiat ini, beluti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Mendukung fungsi otak

Omega-3 yang terdapat dalam belut juga memiliki peran penting dalam mendukung fungsi otak. Asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif, memori, dan fungsi otak secara keseluruhan.

Nah, manfaat tersebut bisa mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

3. Memperkuat imunitas

Belut juga kaya akan vitamin A dan D, dua vitamin yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin A membantu melawan infeksi dengan mendukung fungsi sel darah putih, sementara vitamin D diperlukan untuk meningkatkan respons imun tubuh terhadap patogen.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan fosfor dan kalsium dalam belut berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor bekerja sama dengan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis, terutama pada orang yang telah berusia lanjut.

5. Meningkatkan energi

Belut merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Nah, vitamin B12 berperan penting dalam produksi energi.

Jenis vitamin tersebut juga membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Manfaat tersebut penting untuk fungsi saraf dan pembentukan sel darah merah.

6. Membantu penyembuhan luka

Kandungan protein tinggi dalam belut bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan regenerasi jaringan tubuh.

7. Menurunkan risiko anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam belut membantu mencegah anemia defisiensi besi, terutama pada wanita dan anak-anak. Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin, yang penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.***