TERASBANDUNG.COM - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui acara webinar bertema "Tingkatkan Daya Saing Bisnis UMKM melalui Adaptasi & Inovasi".

Acara yang diselenggarakan Telkom Regional 2 Jabotabek Jabar ini dihadiri oleh lebih dari 500 pelaku UMKM dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten, serta menghadirkan para pakar di bidang bisnis dan teknologi.

Dalam sambutannya, Executive Vice President Telkom Regional 2 Edie Kurniawan menekankan pentingnya adaptasi dan inovasi bagi UMKM di era digital.

"UMKM menjadi penopang ekonomi yang kuat dan terbukti tangguh dalam menghadapi tantangan. Namun, untuk bisa terus berkembang dan bersaing, UMKM perlu melakukan transformasi melalui inovasi dan adopsi teknologi digital. Telkom Indonesia siap mendukung UMKM dalam proses ini dengan menyediakan solusi berbasis teknologi dan platform digital yang tepat guna," ujarnya.

Webinar ini menghadirkan Gufron Syarif, CEO & Co-Founder Haus! Indonesia yang membagikan pengalamannya membangun bisnis minuman kekinian melalui pemanfaatan teknologi digital. Dalam paparannya, ia juga menekankan pentingnya riset yang berkelanjutan dalam memahami kebutuhan pelanggan serta inovasi dalam pemasaran digital untuk menjaga loyalitas konsumen.

Pada acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Dinas Koperasi & Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan Gufron Syarif tentang strategi bisnis untuk tetap bertahan dan tumbuh di tengah disrupsi digital di industri saat ini.

Melalui acara ini, Telkom berharap dapat menginspirasi pelaku UMKM sekaligus mendorong mereka meningkatkan daya saing di era digital.

Dengan solusi teknologi yang dihadirkan, Telkom berkomitmen untuk senantiasa berkolaborasi dengan UMKM agar terus beradaptasi, berinovasi, dan tumbuh di tengah tantangan digital.

Sebagai bagian dari tujuan Telkom untuk mewujudkan bangsa yang sejahtera dan kompetitif, dukungan terhadap UMKM akan terus dilanjutkan demi terciptanya ekosistem bisnis yang kuat dan berdaya saing tinggi.