TERASBANDUNG.COM - Buah dan Biji Sang Pelindung Mata Apakah Anda sudah tahu kalau biji anggur memiliki khasiat bagi penglihatan? Bagaimana dengan rambutan dan Manggis?

Penyakit katarak adalah penyakit yang terjadi pada mata. Pengidap penyakit ini biasanya akan mengalami gangguan pada penglihatan, seperti penglihatan kabur dan seolah terdapat kabut atau penghalang saat melihat suatu objek.

Penyebab katarak adalah akibat proses penuaan dan trauma yang terjadi pada jaringan mata. Gumpalan protein pada mata menyebabkan cahaya yang masuk ke retina menjadi kurang jumlahnya dan menyebabkan pandangan kabur.

Katarak sebenarnya dapat dicegah dengan berbagai cara. Selain kamu harus rajin untuk memeriksa kesehatan mata dan menggunakan cahaya yang baik saat membaca, kesehatan mata juga bisa dijaga dengan mengatur pola makan yang sehat.

Mengatur pola makan yang sehat bisa dimulai dengan mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Memilih buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan mata bisa jadi jalan ninja.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan ini secara rutin agar terhindar dari risiko katarak.

Berikut Ini 3 buah yang dipercaya ampuh cegah mata akan alami katarak, seperti disadur dari laman Kemkes.

1. Anggur

Memang benar, bukan bukan hanya daging buahnya saja namun ternyata hampir seluruh bagian buah ini dapat di manfaatkan.

Biji anggur mengandung berbagai nutrisi penting seperti proanthocyanidins oligomer, atau OPC yang mengandung antioksidan, antihistamin, vitamin E, flavonoid dan asam linolenat.

Menurut penelitian The University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu dengan meningkatkan daya penglihatan pada malam hari.

Seperti doketahui bahwa orang mempunyai masalah penglihatan akan sangat merasa tidak nyaman apabila pada malam hari, mereka yang mengalami gangguan tersebut akan kehilangan 75% daya penglihatannya.

Selain meningkatkan daya penglihatan di malam hari, biji anggur dapat mencegah sekaligus mengobati degenerasi macula yang merupakan penyebab utama dari hilangnya penglihatan bagi orang yang berusia lebih dari 60 tahun.

2. Rambutan

Kandungan vitamin C dan bioflavonoids pada rambutan yang merupakan pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Kedua nutrisi ini saling melengkapi mengurangi resiko gangguan penglihatan karena faktor usia dengan melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Manggis

Kandungan nutrisi pada buah manggis cukup banyak salah satunya adalah Vitamin B kompleks.

Menurut hasil studi kandungan vitamin B kompleks pada buah manggis dapat mengurangi resiko penyakit degenerasi macula pada wanita.

Degenerasi macula adalah kerusakan pada bagian retina yang dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan tengah.***