Para Orang Tua Jangan Panik Bila Melihat 7 Gejala Aneh Yang Terjadi pada Bayi Seperti Ini

Para Orang Tua Jangan Panik Bila Melihat 7 Gejala Aneh Yang Terjadi pada Bayi Seperti Ini Ilusytrasi Bayi. (Pixabay)

RAGAM NUSANTARA - Para orang tua yang baru memiliki anak, wajib tahu gejala aneh yang terjadi pada bayi baru lahir.

Salah satu gejala yang terjadi, bayi seperti gemetar tak terkendali, pernapasan abnormal, dan lainnya.

Gejala tersebut sering disebut sebagai gejala bayi yang aneh, tetapi mereka normal, menurut dokter anak.

Mereka disebabkan ketidakdewasaan fisik bayi dan perubahan hormon yang cepat yang membuat tubuhnya bereaksi dengan cara yang aneh.

Gejala-gejala ini seringkali menunjukkan kondisi medis yang serius. Para orang tua dapat berbicara dengan dokter mengenai hal-hal ini agar aman.

Dikutip dari Pinkvilla, apa saja gejala bayi yang menakutkan?

1. Cegukan yang terlihat seperti kejang

Ini mungkin myoclonus, yang merupakan gejala seperti cegukan tidak berbahaya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan kecuali Anda melihat tanda-tanda kejang yang nyata seperti kesulitan bernapas, gerakan mata yang tidak normal, membiru, dll.

2. Hidung tersumbat dan pernapasan tidak normal

Dalam gejala ini, estrogen menyumbat saluran hidung bayi dan ini bisa terjadi bahkan setelah berbulan-bulan setelah kelahirannya. Tetapi Anda perlu khawatir jika Anda melihat lubang hidung, perut, atau dada yang mengembang.

3. Payudara yang terlihat pada bayi laki-laki

Ini sebagian besar terjadi di satu sisi di mana estrogen menyerang payudara yang membengkak pada bayi. Jika Anda melihat kemerahan, demam, atau tanda-tanda infeksi, konsultasikan dengan dokter.

4. Meludah darah

Bisa jadi karena kerongkongan di kerongkongan yang disebabkan oleh ludah yang kuat. Tetapi jika bayi Anda sakit dan mengeluarkan banyak darah atau muntah darah setelah diberi susu formula, maka itu bisa menjadi masalah yang serius.

5. Rona oranye di kulit

Anda tidak perlu khawatir karena ini bukan penyakit kuning. Ini karena karotenemia yang berasal dari kentang dan wortel karena mengandung beta-karoten.

6. Pernapasan tidak normal

Pernapasan cepat dan kemudian lambat- periodik adalah normal pada bayi. Namun jika area di sekitar mulut menjadi biru atau abu-abu atau sulit bernapas, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

7. Sembelit

Terkadang buang air besar yang tidak teratur adalah hal yang normal pada bayi. Tetapi jika Anda melihat tinja bayi Anda sangat keras dan dia tidak buang air besar setiap hari di bulan-bulan pertama, bicarakan dengan dokter.

Untuk permasalahan yang terjadi di atas, tentunya disarankan untuk berbicara dengan dokter jika Anda khawatir dan melihat sesuatu yang serius pada bayi Anda.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini