Metaverse Tidak Seperti yang di Pikirkan, Karena Kita Tidak Tahu Apa Itu

Metaverse Tidak Seperti yang di Pikirkan, Karena Kita Tidak Tahu Apa Itu avatar metaverse/cnet

RAGAM NUSANTARA - Siapa pun yang bercerita apa itu metaverse kemungkinan hanya menebak atau membual. "Topik akhir-akhir ini membuat saya frustrasi," kata Scott Stein melalui CNET.

"Ini bukan hanya tentang headset VR dan AR." Metaverse akan jauh lebih bernuansa daripada platform teknis yang terkait dengannya.

Bahkan istilah "metaverse" itu sederhana: Sejumlah metaverse akan muncul di sepanjang garis platform media sosial, dengan segelintir menjadi dominan dan sebagian besar tidak kompatibel.

"Semua orang menjanjikan interoperabilitas tetapi sejarah menunjukkan itu akan menjadi multiplatform, semikompatibel dan setengah rusak," Stein memprediksi, meskipun dia tertarik dengan "portabilitas lintas batas" yang dibayangkan oleh Meta, sebelumnya Facebook. Tetapi "metaverse" tidak boleh memiliki "the" di depannya, karena tidak akan ada hanya satu.

Dan bagaimana dengan semua avatar kaku dan kekanak-kanakan yang membuat dunia maya saat ini terlihat seperti sesuatu yang mungkin akan di abaikan sampai tumbuh dewasa? Beberapa platform, seperti Spatial, membuat penggunanya dengan cara fotorealistik yang harus mencukupi sampai pemantauan wajah waktu nyata, deteksi tatapan, dan haptics jaringan cukup dipoles untuk menempatkan versi meyakinkan diri kita sendiri ke dalam dunia digital ini.

Di luar penamaan dan penampilan, ada motivasi inti untuk metaverses, yang tampak seperti tentara bayaran yang memajukan internet. Cryptocurrency adalah kekuatan besar saat ini, dan begitu juga NFT, catat Stein. "Kamu bisa merasakannya mengubah lanskap ... karena uangnya ada di sana."

Menggunakan cryptocurrency untuk memiliki tanah digital yang tidak pasti atau memperoleh NFT seni digital, yang tampaknya selalu merupakan gabungan dari Basquiat dan Haring, bisa menjadi yang terbaik dalam visi jangka panjang atau hanya aplikasi I Am Rich berikutnya. "Tanah virtual yang Anda beli hari ini bisa bernilai, atau seperti kartrid game lama," kata Stein.

Saat kita beralih ke metaverse, perhatikan mana yang berfungsi dengan tampilan datar tradisional serta tampilan AR dan VR. "Berapa banyak orang yang akan mengenakan sesuatu di kepala mereka?" tanya Stein.

"Ini tumbuh tetapi akan selalu menjadi bagian." Metaverse dapat dilihat sebagai antarmuka baru untuk dunia fisik, terutama di bidang-bidang seperti pekerjaan, pendidikan, dan perawatan kesehatan jarak jauh.

Stein suka menganggap tutup kepala AR dan VR sebagai "headphone untuk mata", sesuatu yang Anda ambil dengan mulus saat Anda ingin menggunakan versi imersif dari tugas atau kesenangan tertentu, tetapi bukan satu-satunya (atau bahkan utama) cara yang dapat dilakukan.

Selain bermain game, pekerjaan mungkin merupakan titik awal yang penting untuk metaverse, berkat tuntutan pandemi agar kami memikirkan kembali kantor.

Meta's Horizon Workrooms diluncurkan dalam versi beta publik tahun lalu, menawarkan tempat yang sepenuhnya virtual bagi rekan kerja untuk bertemu sebagai avatar, tetapi yang terpenting, menghadirkan alat produktivitas seperti mengetik dan papan tulis ke dalam campuran virtual.

Apakah pertemuan dengan avatar di dunia sintetis menggantikan keajaiban yang terjadi di kantor nyata harus dinilai oleh pemimpin dan pakar budaya mereka.

Metaverses memiliki semua tanda klasik overhype: Proses sebelumnya yang datang dan pergi (Second Life), asosiasi dengan perangkat keras yang sangat sedikit orang yang tertarik untuk mengadopsi (AR dan VR headgear), perasaan bahwa promotor metaverse akan mengatakan apa pun untuk membuat banyak uang dari konsep, dan lompatan besar keyakinan bahwa masalah teknis yang sulit hanya beberapa siklus Hukum Moore jauh dari pemecahan sendiri.

Di sisi lain, metaverses tampaknya tak terelakkan. Ponsel, laptop, dan tablet tidak semuanya ada, cryptocurrency tampaknya menenangkan para peragu seperti yang dilakukan Tesla sekitar tiga tahun lalu dan selera kami yang tak terpuaskan untuk web saat ini adalah banyak bukti bahwa kami akan mentolerir sandungan untuk menuju ke bentuk lebih baik. Tapi tolong, lakukan sesuatu (terobosan) tentang avatar.

Penulis: Ade Kesuma Armada | Editor: Ade Kesuma Armada

Berita Terkini